Sambutan Rektor

SAMBUTAN REKTOR

Mahadewa University

SAMBUTAN REKTOR MAHADEWA UNIVERSITY

Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Bali, merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Bali bernaung di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII (Bali, NTB, dan NTT). Didirikan pada 25 Agustus 1983 pada lokasi tanah seluas ± 9650 m2, beralamat di Jalan Seroja Tonja Denpasar Utara Kota Denpasar Provinsi Bali. Semua kegiatan sivitas akademika dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dipusatkan di Kampus IKIP PGRI Bali.

Rektor Mahadewa University

Dr. I Made Suarta, S.H., M.Hum

IKIP PGRI Bali memiliki lima (5) Fakultas dengan sepuluh (10) Jurusan/Program studi pada jenjang pendidikan strata 1 (S1), yaitu

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) memiliki satu Jurusan/Program Studi Bimbingan dan Konseling.
  2. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) dengan empat Jurusan/Program Studi yaitu: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Pendidikan Bahasa dan Sastra Bali; Pendidikan Seni Rupa, dan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik.
  3. Fakultas Pendidikan ILmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) dengan dua Jurusan/Program Studi, yaitu Pendidikan Sejarah, dan Pendidikan Ekonomi.
  4. Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan (FPOK) dengan satu Jurusan/Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.
  5. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) dengan dua Jurusan/Program Studi yaitu Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Biologi.

Gerak dan langkah IKIP PGRI Bali dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bawah naungan Badan Penyelenggara Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (YPLP PT IKIP PGRI Bali), didasarkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, yang tertuang dalam Statuta IKIP PGRI Bali, dengan Surat Keputusan YPLP PT IKIP PGRI Bali nomor: 01/J/Um/I/YPLP PT IKIP PGRI Bali/2016. Sejak tahun 2019 semua Program Studi yang ada di IKIP PGRI Bali telah menggunakan Kurikulum Pendidikan Tinggi KKNI dan SNPT RI. 4.0 didasarkan Surat Keputusan Rektor IKIP PGRI Bali Nomor 1106/J/Um/VIII/IKIP PGRI/2019.

Dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pendidikan, IKIP PGRI Bali dilengkapi dengan lembaga dan unit penunjang yaitu Badan Penjamin Mutu (BPM), Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), Biro Administrasi Umum (BAU), Bagian Keuangan, Bagian Kepegawaian, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), Biro Administrasi dan Perencanaan Sistem Informasi (BAPSI), dalam pengembangan ketrampilan wirausaha (entrepreneuership) melalui Inkubator Bisnis Teknologi (IBT),  Pusat Pendidikan Karakter, Pusat Pengembangan Karir, Unit Pelaksana Teknis Praktek Pengalaman Lapangan dan Pengembangan Akademik di Lembaga Pengembangan Akademik (LPA), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Perpustakaan Unit di masing-masing Fakultas dan Perpustakaan IKIP PGRI Bali, tersedia laboratorium/workshop di masing-masing Fakultas dan Prodi, Pelayanan Kesehatan oleh Klinik Kesehatan, Layanan Bantuan Hukum oleh Biro Hukum, dan Layanan Konseling. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan IKIP PGRI Bali, telah berupaya melakukan peningkatan kwantitas dan kualitas sarana dan prasarana untuk meningkatkan layanan penyelenggaraan pendidikan tinggi sehingga dapat efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan. Peningkatan penjaminan mutu secara eksternal telah merujuk pada Peraturan Menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2016 tentang Akreditasi Program Studi dan akreditasi Perguruan Tinggi, dan Peraturan Menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. IKIP PGRI Bali telah mengajukan Akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) semua Program Studi yang ada di IKIP PGRI Bali dan telah lulus akreditasi dengan rerata peringkat B, dan terdapat dua Program Studi memperoleh peringkat A yaitu Prodi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indinesia dan Prodi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Bali, serta Prodi. Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, dengan demikian  kualitas layanan penyelenggaraan pendidikan secara eksternal  dapat dipertanggungjawabkan.

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang lahir dan berkembang di Provinsi Bali dengan keunggulan dalam pariwisata budaya, IKIP PGRI Bali menetapkan Visi “Unggul berbasis Budaya dan sistem informasi berorientasi global” dimana budaya diorientasikan sebagai paradigma keilmuan, dijabarkan ke dalam Kurikulum Prodi. yang khas melalui pendekatan keilmuan, pembentukan dan materi mata kuliah, dan metode pembelajaran berbasis budaya yang sangat unik sehingga IKIP PGRI Bali menjadi Institusi pencetak sumber daya manusia unggul, mandiri, dan berbudaya. Hingga saat ini (tahun 2020) kurang lebih 2324 (dua ribu tiga ruatus dua puluh empat) orang mahasiswa sedang menempuh studi di IKIP PGRI Bali, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. IKIP PGRI Bali saat ini didukung oleh seratus empat puluh tujuh (147) pendidik/dosen tetap Yayasan, ASN dan tujuh puluh Sembilan (79) tenaga kependidikan. Fasilitas yang tersedia di kampus, dengan sistem tata pamong,  dan sumber daya manusia yang tersedia, IKIP PGRI Bali telah mengembangkan diri menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang unggul berbasis Budaya.

Besar harapan kami bahwa laman ini dapat memberikan gambaran yang proporsional kepada calon mahasiswa dalam melanjutkan studi, dan merupakan kehormatan bagi kami apabila calon mahasiswa baru menjatuhkan pilihannya pada IKIP PGRI Bali sebagai tempat studi. Tentunya IKIP PGRI Bali adalah Institusi yang tepat untuk membangun karakter, kompetensi dan integritas diri sebagai persyaratan utama dalam pengembangan profesi dalam pemenuhan tuntutan bursa kerja pada kehidupan masyarakat global. Kepada adik adik dan saudara semuanya mari bergabung dengan kami IKIP PGRI Bali, salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Bali yang unggul, berbasis budaya dan berorientasi global.