PPK

PPK (Pusat Pengembangan Karir)

IKIP PGRI Bali

IKIP PGRI Bali sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi dituntut berperan sebagai sumber Ilmu Pengetahuan, teknologi, seni, dan olah raga maupun penghasil tenaga kerja. Proses pembelajaran yang dilakukan sudah dibekali Kompetensi Lulusan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Calon lulusan IKIP PGRI Bali diharapkan bukan hanya sebagai pencari kerja tetapi yang lebih penting adalah sebagai pencipta tenaga kerja.
IKIP PGRI Bali sebagai Institusi Pendidikan Tinggi yang setiap tahun menghasilkan lulusan, memiliki tanggung jawab moral untuk menjamin lulusannya cepat mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang ilmu yang dimilikinya. Upaya-upaya yang dilakukan institusi agar lulusan cepat terserap di dunia kerja yaitu memberikan informasi tentang ketenagakerjaan dan memberikan pembekalan tentang dunia kerja. Dengan langkah seperti itu, calon lulusan diharapkan mampu memperpendek masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan.
IKIP PGRI Bali mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UKM ini memberikan keterampilan tambahan kepada mahasiswa agar mampu menjadi lulusan yang menciptakan tenaga kerja.
Berdasarkan uraian di atas, IKIP PGRI Bali perlu mendirikan sebuah lembaga yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Pembentukan Pusat Pengembangan Karir (PPK) bagi mahasiswa dan lulusan adalah jawaban tepat untuk mengantisipasi tantangan ketenagakerjaan pada masa mendatang.

VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi :

Terwujudnya calon lulusan IKIP PGRI Bali yang Cerdas Karakter dan Cerdas Kerja.

Misi :

  1. Meningkatkan kompetensi calon lulusan IKIP PGRI Bali dengan pelatihan, seminar, Workshop dan lain-lain.
  2. Memberikan informasi ketenagakerjaan kepada calon lulusan IKIP PGRI Bali.
  3. Mempercepat terserapnya calon lulusan pada instansi yang memerlukan tenaga kerja.
  4. Menjalin kerjasama dengan instansi terkait.

Tujuan :

  1. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap lulusan IKIP PGRI Bali dalam dunia kerja dengan masa tunggu yang realtif lebih singkat untuk mendapatkan pekerjaan.
  2. Melaksanakan pelatihan dan pembekalan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan lulusan.
  3. Memberikan informasi tentang dunia kerja.
  4. Menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai pihak untuk terciptanya lulusan yang cerdas karakter dan cerdas kerja.

PROGRAM KEGIATAN

  1. Pelayanan informasi tentang dunia kerja.
  2. Pelayanan pelatihan dan pembekalan ketenagakerjaan.
  3. Pelayanan pengembangan kerjasama.
  4. Pelayanan Kartu Alumni.
  5. Pelayanan Tracer Study.