Pendidikan Sejarah

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH

Mahadewa University

Penjelasan Umum

Program Studi Pendidikan Sejarah merupakan salah satu program studi di IKIP PGRI Bali yang berdiri sejak tahun 1986 dan telah terakreditasi B (345) dengan No. SK: 1500/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2018, tanggal 6 Juni 2018. Program Studi Pendidikan Sejarah memiliki sarana dan prasarana pendukung perkuliahaan maupun aktivitas non akademikyang memadai.

Visi dan Misi

Visi Program Studi Pendidikan Sejarah

Menjadi Program Studi yang Unggul Berbasis Budaya dan Sistem Informasi Berorientasi Global Tahun 2030 

Visi Program Studi Pendidikan Sejarah dirumuskan berdasarkan Visi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) dan IKIP PGRI Bali. Hubungan antara ketiga visi tersebut terlihat pada empat kata  kunci yakni, Unggul, Berbasis Budaya, Berlandaskan Sistem Informasi, dan Berorientasi Global yang memiliki makna sebagai berikut :

  1. a) Unggul berarti Program Studi Pendidikan Sejarah secara terencana dan berkesinambungan melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas, dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Sejarah yang memiliki daya saing (competitiveness) tinggi dalam bidang pendidikan sejarah di tingkat lokal, regional, nasional, dan kawasan Asia Tenggara. Dengan keunggulan ini, Prodi Pendidikan Sejarah diarahkan menjadi LPTK S1 yang terdepan dalam penyediaan guru pendidikan sejarah yang berpedoman pada nilai-nilai karakter. Keunggulan Prodi pendidikan Sejarah terimplementasi dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. b) Berbasis Budaya berarti Program Studi Pendidikan Sejarah dalam melaksanakan proses pembelajaran berlandaskan nilai-nilai budaya adiluhung yang bersifat universal dengan memperhatikan nilai-nilai budaya lokal yakni Tri Kaya Parisudha yakni berpikir, berkata dan berbuat yang baik. Kosep ini selanjutnya diimplementasikan dalam bingkai “Tri Hita Karana” (hubungan yang harmonis dan dinamis berdasarkan yadnya antara manusia dengan Tuhan, antara manusia dengan manusia dan dirinya, serta antara manusia dengan lingkungan alam). Melaui proses tersebut diharapkan lulusan yang dihasilkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran dalam melaksanakan aktivitasnya.
  3. c) Berlandaskan sistem informasi berarti Program Studi Pendidikan Sejarah dalam mengelola layanan administrasi akademik terus berupaya memanfaatkan teknologi informasi. Sistem informasi akademik dihimpun dari berbagai macam data yang dikelola dan diproses secara otomatis dengan memggunakan alat dan metode untuk menghasilkan berbagai informasi yang diperlukan bagi terlaksananya  kegiatan akademis. Sistem yang dimaksudkan terdiri dari beberapa sub-sistem sebagai berikut: (1) seleksi dan registrasi mahasiswa baru, (2) kurikulum dan bidang studi, ((3) perkuliahan, tugas-tugas, ujian , (4) pengelolaan dan pengembangan dosen, dan (5)  kelulusan, wisuda, alumni.
  4. d) Berorientasi Global berarti Program Studi Pendidikan Sejarah berupaya melakukan reformasi dalam proses pendidikan yang lebih menekankan pada terselenggaranya sistem pendidikan yang lebih komprehensip dan fleksibel, sehingga para lulusan dapat berfungsi secara efektif dalam kehidupan masyarakat global demokratis. Orientasi global ini sangat terkait dengan Asia Society, Alliance for Excellent Education yang senantiasa mengangkat; (1) pengetahuan daerah lain di dunia, budaya, ekonomi, dan isu-isu global; (2) ketrampilan berkomunikasi dengan bahsa asing agar mudah dalam bekerja dalam tim lintas budaya dan untuk menilai informasi dari sumber yang berbeda di seluruh dunia; dan (3) nilai-nilai yang menghormati budaya lain.

 

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran bidang Pendidikan Sejarah yang berbasis budaya dan sistem informasi berorientasi global.
  2. Melaksanakan penelitian bidang Pendidikan Sejarah yang berbasis budaya dan sistem informasi berorientasi global.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat bidang Pendidikan Sejarah yang berbasis budaya dan sistem informasi berorientasi global
  4. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak bidang Pendidiklan Sejarah dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Tujuan

Berdasarkan visi dan misi di atas, maka tujuan yang ingin diwujudkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah adalah sebagai berikut

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Sejarah berbasis budaya dan sistem informasi berorientasi global.
  2. Menghasilkan, mengembangkan penelitian dan menyebarluaskan hasil penelitian bidang Pendidikan Sejarah berbasis budaya dan sistem informasi berorientasi global.
  3. Menghasilkan dan mengembangkan pengabdian masyarakat dalam rangka membantu memecahkan berbagai masalah sosial di masyarakat.
  4. Menjalin jaringan kemitraan dengan berbagai pihak bidang Pendidikan Sejarah  dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Profil Lulusan

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH

  1. Guru Sejarah atau Guru IPS yang memiliki kemampuan untuk menjadi seorang guru di tingkat SMA/MA/SMK maupun tingkat SMP/MTS
  2. Pemandu Wisata Sejarah, bidang ini dipilih oleh lulusan yang ingin membangun karir sebagai pemandu (guide) wisata sejarah yang menguasai konsep dasar teoritik bidang sejarah dan kepariwisataan
  3. Pengembang Media Pembelajaran, Bidang ini bisa dipilih oleh lulusan yang ingin meniti karir sebagai pembuat media pembelajaran sejarah, Sosial-Budaya yang berbasis IT
  4. Wirausaha dalam bidang pendidikan seperti; mendirikan tempat kursus/bimbel, les privat, pengembang media pembelajaran, dan membuat pendokumentasian obyek-obyek bersejarah
  5. Peneliti, karir ini bisa ditekuni oleh lulusan yang ingin membangun karir sebagai peneliti muda yang mampu melakukan peneltian di bidang pendidikan dan pembelajaran sejarah, maupun masalah sosial, budaya
Keunggulan

Keunggulan Program Studi Pendidikan Sejarah

  1. Program Studi Pendidikan Sejarah sudah terakreditas B (345)
  2. Lulusan Prodi Pendidikan Sejarah tidak hanya bisa bekerja sebagai guru tetapi juga mampu menekuni profesi di bidang non keguruan yang berkaitan dengan bidang kesejarahan, misalnya menjadi peneliti, pemandu wisata sejarah, wirausaha di bidang pendidikan, jurnalis kesejarahan, bidang kearsipan, balai kajian sejarah atau budaya, serta museum.
  3. Untuk memperkaya pemahaman konsep dan nilai-nilai praktis dari mata kuliah yang diajarkan dilakukan melalui kegiatan praktikum dengan membawa para mahasiswa ke obyek sejarah di luar/ di lapangan.
  4. Pemberian beasiswa antara lain: (1) dari Dikti mencakup beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bantuan Biaya Pendidikan (BBP), Bidikmisi dari Dikti melalui Kopertis, dan beasiswa bebas uang gedung dari Institusi
Akreditasi

Program Studi Pendidikan Sejarah merupakan salah satu program studi di IKIP PGRI Bali yang berdiri sejak tahun 1986 dan telah terakreditasi B (345) dengan No. SK: 1500/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2018, tanggal 6 Juni 2018.

Mata Kuliah

No.

Bidang Kajian

Kode MK

Nama Mata Kuliah

SKS

SMT

 

 

 

 

 

 

1.

Mata Kuliah Wajib atau Nasional

 

 

 

 

1900013121

Pendidikan Agama

2

I

 

 

1900023121

Pendidikan Pancasila

2

I

 

 

1900033122

Pendidikan Kewarganegaraan

2

II

 

 

1900043121

Pendidikan Bahasa Indonesia

2

I

2.

Mata Kuliah Wajib Institusi

 

 

 

 

1901013121

Pendidikan Karakter

2

I

 

 

1901023125

Pendidikan Wawasan PGRI

2

V

 

 

1901033125

Pendidikan Anti Korupsi

2

V

 

 

1901043122

Pendidikan Kewirausahaan

2

II

 

 

1901053122

General English

2

II

 

 

1901063123

English for Sceintific and Research

2

III

 

 

1901073123

Komputer Pemrograman

2

III

 

 

1901083125

Media Pembelajaran Berbasis TIK

2

V

3.

Mata Kuliah Wajib Institusi 

 

 

 

 

 

19314921

Pengantar IPS

2

I

 

 

19315025

IPS Terpadu

2

V

4.

Mata Kuliah Wajib Prodi

 

 

A.  Kajian Ilmu Kependidikan

 

 

 

 

 

19310121

Dasar – Dasar Pendidikan

2

I

 

 

19310222

Profesi Kependidikan

2

II

 

 

19310323

Perkembangan Peserta Didik

2

III

B.  Kajian Ilmu Pembelajaran

 

 

 

 

 

19310423

Strategi Pembelajaran Sejarah

2

III

 

 

19310524

Perencanaan Pembelajaran Sejarah 

2

IV

 

 

19310624

Evaluasi Pembelajaran

2

IV

 

 

19310724

Kajian Kurikulum dan Buku Teks

2

IV

 

 

19310826

Microteaching

2

VI

 

 

19310922

Belajar dan Pembelajaran

2

II

 

 

19311024

PLP 1

2

IV

 

 

19311147

PLP 2

4

VII

C.  Kajian Kesejarahan

 

 

 

 

Ilmu Sejarah

19311221

Pengantar Ilmu Sejarah

2

I

 

 

19311323

Metodologi Sejarah

2

III

 

 

19311424

Historiografi

2

IV

 

 

19311526

Filsafat Sejarah

2

VI

 

 

19311626

Bahasa dan Sumber Sejarah

2

VI

 

 

 

 

 

 

 

Sejarah Indonesia

19311721

Prasejarah Indonesia

2

I

 

 

19311832

Sejarah Indonesia Masa Hindu Budha

3

II

 

 

19311933

Sejarah Indonesia Masa Islam

3

III

 

 

19312034

Sejarah Indonesia Masa Kolonial

3

IV

 

 

19312135

Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia

3

V

 

 

19312236

Sejarah Indonesia Masa Awal Kemerdekaan Sampai Demokrasi Terpimpin

3

VI

 

 

19312337

Sejarah Indonesia Masa Orde Baru Sampai Reformasi

3

VII

 

 

 

 

 

 

 

Sejarah Dunia

19312422

Sejarah Asia Selatan

2

II

 

 

19312523

Sejarah Asia Timur

2

III

 

 

19312623

Sejarah Timur Tengah

2

III

 

 

19312724

Sejarah Eropa

2

IV

 

 

19312825

Sejarah Amerika

2

V

 

 

19312921

Sejarah Asia Tenggara

2

I

 

 

19313023

Sejarah Afrika

2

III

 

 

19313126

Sejarah Australia Oceania

2

VI

 

 

 

 

 

 

 

Sejarah Lokal

19313222

Sejarah Lokal

2

II

 

 

19313322

Sejarah Bali Nusra

2

II

 

 

19313414

Studi Situs Sejarah Bali

1

III

 

 

19313515

Studi Situs Sejarah Jawa

1

IV

 

 

 

 

 

 

 

Sejarah Tematik

19313626

Sejarah Pendidikan

2

VI

 

 

19313735

Sejarah Kebudayaan

3

V

 

 

19313825

Sejarah Publik

2

V

 

 

19313924

Sejarah Sosial

2

IV

 

 

19314024

Sejarah Perekonomian

2

IV

 

 

19314127

Sejarah Bahari

2

VII

 

 

19314227

Sejarah Hubungan Internasional

2

VII

 

 

19314327

Geohistori

2

VII

 

 

 

 

 

 

D.  Penelitian dan Pengabdian

 

 

 

 

 

19314426

Metode Penelitian Tindakan Kelas

2

VI

 

 

19314525

Metode Penelitian Pendidikan Sejarah

2

V

 

 

19314626

Metode Penelitian Sosial Budaya

2

VI

 

 

19314747

KKN

4

VII

 

 

19314868

Skripsi

6

VIII

E.  Kajian Sosial – Budaya

 

 

 

 

 

19314921

Pengantar IPS

2

I

 

 

19315025

IPS Terpadu

2

V

 

 

19315122

Studi Masyarakat Indonesia

2

II

 

 

19315221

Pengantar Antropologi

2

I

 

 

19315326

Teori Sosial Budaya

2

VI

5.

Mata Kuliah Pilihan Prodi

 

 

 

Pariwisata Sejarah

19315428

Kode Etik Kepariwisataan*

2

VIII

 

 

19315527

Pariwisata Sejarah dan Budaya*

2

VII

 

 

19315626

Manajemen Pariwisata*

2

VI

 

Pengembang Media Pembelajaran Sejarah

19315726

Produksi Naskah Media*

2

VI

 

 

19315827

Produksi Media Pembelajaran Audio Visual*

2

VII

 

 

19315928

Produksi Media Pembelajaran Miniatur*

2

VIII

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

155

 

 

Jumlah yang ditawarkan 155 SKS dan wajib diambil sebanyak 149 SKS

 

Total SKS : 143 + 6 (Mk. Pilihan) = 149 SKS

Dosen

No.

Nama Tenaga Pengajar di Prodi Pendidikan Sejarah

1.

Drs. Dewa Made Alit, M.Pd.

2.

Dra. Ni Luh Putu Tejawati, M.Si.

3.

Drs. Riwanto, M.Si.

4.

Dra. Ni Ketut Purawati, M.Si.

5.

Drs. I Wayan Suana, M.Pd.

6.

Drs. I Nyoman Kartikayasa, M.Ag.

7.

Ni Putu Yuniarika Parwati, S.Pd.,M.Pd.

8.

I Nyoman Bayu Pramartha, S.Pd.,M.Pd.

Laboratorium

Peranan Laboratorium sejarah bagi pembelajaran sejarah sangat diperlukan untuk menunjang hasil belajar sejarah yang maksimal. Laboratorium Sejarah merupakan sebuah model replika dari hal-hal yang terkait masa lampau yang ada di dunia ini sehingga fungsi dari laboratorium pun semakin banyak antara lain dapat dijadikan sebagai kelas praktikum, kelas belajar, museum, dan display