Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

FAKULTAS PENDIDIKAN OLAH RAGA DAN KESEHATAN (FPOK)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI

IKIP PGRI Bali

Penjelasan Umum

Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi adalah Program Studi yang berada di bawah naungan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Bali. Tepat tanggal 25 Agustus 1983 dengan mengambil tempat di panggung Ardha Candra Taman Budaya Denpasar. Bapak Gubernur Bali Prof. Dr. Ida Bagus Mantra sebagai Dewan Pembina IKIP PGRI Bali, berkenan meresmikan IKIP PGRI Bali. Semenjak hari itu mulailah satu perjalanan sejarah bagi satu Perguruan Tinggi Suasta di Denpasar dengan Fakultas Unggulannya Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP PGRI Bali.

Dengan dipimpim oleh Drs, I Gusti Agung Gede Oka sebagai Rektor Pertama yang waktu itu adalah sebagai Ketua Pengurus Daerah PGRI Bali dan Kepala Kantor Wilayah DEPDIKBUD Provinsi Bali benar-benar mendapatkan sambutan yang hangat dari masyarakat, khususnya lulusan SMA dan para guru-guru yang sejak lama mendambakan suatu tempat untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka. Mereka semua berbondong-bondong mandaftarkan diri menjadi mahasiswa IKIP PGRI Bali.

IKIP PGRI Bali memperoleh ijin operasional pada tanggal 20 Mei 1985 dari KOPERTIS WILAYAH VIII serta tanggal 13 Mei 1986 Status IKIP PGRI Bali terdaftar pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui SKP Nomor : 0358/0/1986. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan yang disingkat dengan FPOK dengan Dekan pertama adalah Drs. N. Suthardjana. Selanjutnya pada tahun 1989 diganti oleh Drs. Komang Redhana. Pada waktu itu memiliki satu jurusan yaitu Pendidikan Olahraga Kesehatan.Olahraga sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat sejak dulu. Jurusan POK meluluskan 13 orang pada wisuda pertamanya. Seiring berjalannya waktu dan mengikuti kemenklatur dari Mendikbud Jurusan POK berubah menjadi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi mendapatkan SK Pendirian PS pada tahun 1986 dengan nomor SK : 0358/0/1986 Pejabat penandatangan SK pendirian Program Studi adalah Kepala Bagian Penyusunan Rancangan Peraturan Perundang-undangan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Soejoto, S.H.).

Dari awal berdirinya Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi sampai sekarang telah menamatkan ribuan alumninya. Alumni Prodi Penjaskesrek FPOK IKIP PGRI Bali yang tersebar di pelosok tanah air khususnya Bali telah banyak berkecimpung di dunia kerja diantaranya sebagai : PNS, Guru Kontrak Provinsi, Staf Ahli KONI, Wasit Cabang Olahraga, Pelatih Cabang Olahraga, Bisnis sarana dan prasarana olahraga, dll. Hal ini lah yang membuat Prodi Penjaskesrek FPOK IKIP PGRI Bali begitu disegani oleh masyarakat olahraga.

Visi dan Misi

Visi

Visi Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali adalah “Unggul dalam bidang pendidikan olahraga dan kesehatan serta prestasi olahraga yang berbasis budaya dengan sistem informasi beorientasi global tahun 2030”.

 

Misi

Misi Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali adalah :

  1. Mendidik calon tenaga-tenaga pendidikan dibidang penjaskesrek yang memiliki wawasan budaya dengan sistem informasi beorientasi global 2030;
  2. Terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang handal di bidang penjaskesrek, berbudaya dengan sistem informasi berorientasi global tahun 2030;
  3. Terlaksananya penjaskesrek yang sesuai dengan perkembangan jaman, berbudaya dengan sistem informasi berorientasi global tahun 2030;
  4. Melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang ilmu olahraga yang berbasis budaya dengan sistem informasi berorientasi global 2030;
  5. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang berbudaya dengan sistem informasi berorientasi global 2030.
Akreditasi

Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP Bali Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 1499/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2018 dinyatakan telah Terakreditasi dengan Nilai C. Dengan demikian Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi tetap berbenah diri demi mutu kami di masyarakat dengan melakukan perbaikan pada sarana dan prasarana perkuliahan yang mencakup Ruangan Pembelajaran, Lab, serta meningkatkan Mutu Pengajar dalam hal ini Dosen untuk meningkatkan jenjang pendidikannya menuju Program Doktoral (S3). Kami sudah mengajukan ReAkreditasi pada tanggal 18 November 2019 dan telah dinyatakan lengkap oleh BAN-PT.

Laboratorium

Laboratorium di Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi terdiri atas :

  1. Lab Gymnastik,
  2. Lab Pengukuran dan
  3. Lab Pembelajaran Kelas.