Pendidikan Ekonomi

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

Mahadewa University

Penjelasan Umum

Progam studi Pendidikan Ekonomi, FPIPS IKIP PGRI Bali yang unggul dalam pelaksanaan proses pembelajaran di dukung oleh tersedianya fasilitas yang memadai dalam menghasilkan Sarjana Pendidikan Ekonomi yang memiliki daya saing tinggi dalam bidang pendidikan ekonomi. Keunggulan, Prodi Pendidikan Ekonomi, FPIPS IKIP PGRI Bali dicerminkan dalam bidang pendidikan, peneltian, dan pengabdian masyarakat.

  1. Pendidikan

Program Studi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali menawarkan mata kuliah bidang Pendidikan Ekonomi yang diampu oleh dosen-dosen yang berkompeten dengan kualifikasi S2 sebanyak 100%. Prodi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali juga menawarkan mata kuliah kompetensi tambahan yang sesuai dengan bidang ilmu Pendidikan Ekonomi, yakni Akuntansi Bisnis yang diampu oleh dosen-dosen yang memiliki latar belakang praktisi di bidangnya. Hal ini menyebabkan lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali menjadi calon guru yang unggul dalam persaingan di dunia kerja. Hal ini dapat dibuktikan dari keberhasilan lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi yang tidak hanya mampu bersaing dalam seleksi penerimaan guru PNS tetapi juga mampu bersaing dalam penerimaan PNS non guru (pegawai rumah sakit, pemda, sipil ABRI), bahkan sebagian lulusan berhasil menekuni bidang perbankan, politik, pelaku pariwisata maupun menjadi wirausahawan yang sukses.

  1. Penelitian

Program Studi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali secara berkelanjutan terus berusaha meningkatkan kuantitas dan kualitas kinerja penelitian dosen, baik penelitian mandiri, penelitian dengan dana institusi, penelitian hibah Dikti, maupun penelitian kerja sama. Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali mewajibkan setiap dosen untuk melakukan penelitian setiap semester, disisi lain setiap dosen juga dihimbau untuk ikut serta berkompetisi mengikuti penelitian hibah Dikti, atau menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk mengadakan penelitian bersama. Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali secara rutin menyelenggarakan seminar akademik baik tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional. Untuk memfasilitasi diseminasi hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa, Prodi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali secara rutin melaksanakan seminar akademik setiap bulan Juli (Hari Koperasi) dan bulan Desember (Hari ibu sebagai ibu perekonomian dari kewirausahaan). Prodi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali juga memiliki jurnal Social Studies menggunakan online journal system (OJS).

  1. Pengabdian Masyarakat

Keunggulan Program Studi  Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali di bidang pengabdian kepada masyarakat dicerminkan dalam Berbagai kegiatan rutin dilaksanakan setiap semester melalui program Bakti Sosial (Baksos), yang mengacu pada program kerja bakti sosial Institut, Fakultas dan Prodi:

  • Program kerja bakti sosial Institut dilaksanakan setiap semester genap, melalui kegiatan bedah rumah, penelitian tindakan kelas (PTK), ceramah yang berkaitan dengan pendidikan karakter, dan penghijauan.
  • Program kerja bakti sosial Fakultas dilaksanakan setiap semester ganjil bersamaan dengan kegiatan ramah tamah (RATAM), yang bekerja sama dengan pihak sekolah, melalui kegiatan bedah perpustakaan, penelitian tindakan kelas (PTK), promosi mengenai keberadaan FPIPS IKIP PGRI Bali, dan penghijauan.
  • Program kerja bakti sosial Program Studi dilaksanakan setiap tahun dengan melaksanakan kegiatan pengelolaan keuangan baik dari segi pendanaan maupun kredit yang bekerjasama dengan LPD dan Koperasi.

 

Berbasis Budaya

            Program Studi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali dalam melaksanakan proses pembelajaran dilandasi oleh nilai-nilai budaya luhur, dengan memperhatikan kearifan budaya lokal, yaitu Tri Hita Karana (Dalam tradisi Bali terdapat tiga hubungan yaitu keselaran hubungan manusia dengan Tuhan, keselaran manusia dengan manusia, dan keselaran hubungan manusia dengan lingkungan):

  1. Keselarasan hubungan manusia dengan tuhan yaitu Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali, di dalam proses pembelajaran berusaha untuk menanamkan pada diri setiap mahasiswa untuk yakin dan bhakti kepada Tuhan sehingga dapat melahirkan sikap yang selalu mengutamakan rasa syukur. Upaya tersebut tercermin pada a) pemunculan mata kuliah Agama sesuai dengan agama yang dianut oleh mahasiswa (Hindu, Islam, dan Kristen), b) diberikan kesempatan mempergunakan fasilitas kampus untuk melakukan kebebasan ibadah sesuai dengan agama yang dianut. c) Fakultas mempunyai program setiap setahun sekali mengadakan kegiatan tirta yatra bersama dosen dan staf. d) Mengawali setiap kegiatan tatap muka perkuliahan dengan menyampaikan salam pembuka khas Bali, “Om Swastyastu” dan “Om Shanti, Shanti, Shanti, Om” sebagai salam penutup.  Mahasiswa diberikan kesempatan untuk berdoa di awal dan di akhir perkuliahan. e) Mewajibkan sivitas akademika yang beragama hindu pada hari purnama dan tilem untuk mengenakan pakaian adat Bali dan melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Jagat Widya Aksara IKIP PGRI Bali. f) Setiap 6 (enam) bulan kalender bali diadakan upacara “piodalan” di Pura Widya Aksara IKIP PGRI Bali, hari raya saraswati dan hari raya siwalatri, semua civitas akademika yang beragama Hindu mengikuti acara ini.
  2. Keselarasan hubungan manusia dengan manusia yaitu Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali, di dalam proses pembelajaran berusaha untuk menanamkan pada diri setiap mahasiswa untuk selalu mengabdi kepada sesama sesuai dengan swadarma masing-masing, seperti misal a) perayaan hari besar masing-masing agama yang difasilitasi dan yang dihadiri lintas fakultas baik dari staf pimpinan beserta mahasiswa misalnya merayakan natal bersama bagi umat kristiani, merayakan hari raya siwalatri bagi umat hindu, dan merayakan hari raya idul fitri bersama bagi umat islam. b) Semangat gotong-royong dalam membangun rasa memiliki yang didukung oleh masyarakat secara luas. c) Terjalin ikatan yang kokoh dengan stakeholders yang dibuktikan dengan arus komunikasi yang sehat dan terbuka. Hal ini tercermin dalam kegiatan praktek mengajar di sekolah-sekolah, kuliah kerja lapangan, dan pelaksanaan kuliah umum.
  3. Keselarasan hubungan manusia dengan lingkungan yaitu Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali, di dalam proses pembelajaran berusaha untuk menanamkan pada diri setiap mahasiswa untuk menjaga dan menyayangi isi lingkungan alam serta memperlakukan lingkungan alam secara wajar, seperti misal a )Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali ikut mendukung keputusan lembaga sebagai salah satu kampus yang ditetapkan sebagai areal bebas asap rokok. b) Menjaga kebersihan lingkungan kampus dengan menempatkan tempat sampah di setiap tempat. c) Kegiatan penghijauan merupakan program rutin yang setiap tahun dilakukan. d) Penerapan Green economic dimana program studi pendidikan ekonomi berusaha mengurangi karbon baik berupa emisi atau populasi lingkungan yaitu dalam mengurangi penggunaan kertas dan gelas plastik/minuman kaleng.

Keragaman budaya yang ada di Program Studi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali juga terlihat dengan diberikannya toleransi dalam berpakaian, bahasa dan kesenian daerah yaitu:

  1. Kebebasan menggunakan jilbab bagi muslim
  2. Pakaian adat bali setiap hari raya purnama dan tilem
  3. Pakaian adat NTT pada saat natal bersama
  4. Pengunaan bahasa daerah sebagai selingan dalam berinteraksi
  5. Pagelaran tari daerah baik tari derah bali maupun NTT pada saat pelaksanaan kegiatan seminar maupun yudisium.

Melalui proses tersebut diharapkan SDM yang dihasilkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran dalam melaksanakan setiap aktivitas yang berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pengimplementasian landasan sosiokultural dalam pengelolaan diharapkan dapat menjadikan Program Studi  yang unggul dengan dicirikan oleh hal-hal berikut ini:

  1. Program Studi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali sebagai perguruan tinggi yang memiliki daya saing (competitiveness) yang tinggi dan didukung oleh kepercayaan publik secara luas.
  2. Program Studi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali dikelola secara modern dengan memperkuat nilai-nilai budaya, seperti terintegrasinya nilai-nilai budaya di dalam mata kuliah yaitu mata kuliah studi masyarakat Indonesia, Pembangunan Masyarakat Desa, Pendidikan Karakter, KKL, Pendidikan Anti Korupsi, Agama, dan Koperasi.
  3. Menghasilkan karya ilmiah penelitian dan pengabdian masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai budaya lokal dan nasional.

Berlandaskan Sistem Informasi:

Program Studi  Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali berupaya meningkatan teknologi informasi di dalam pengelolaan layanan administrasi akademik. Sistem informasi akademik diperoleh dari berbagai macam data yang dikelola dan diproses secara otomatis untuk menghasilkan berbagai informasi yang diperlukan  bagi terlaksananya  kegiatan akademis. Kelebihan yang diwujudkan Program Studi adalah sebagai berikut ini:

  1. Pendaftaran mahasiswa baru secara on line melalui website,  sehingga lebih mempermudah calon mahasiswa yang berada didalam wilayah  maupun diluar wilayah pulau Bali untuk melakukan pendaftaran ke Kampus IKIP PGRI Bali.
  2. Mahasiswa dapat melihat nilai ujian maupun hasil akhir studi melalui internet dengan menggunakan laptop/hand phone .
  3. Pembelajaran dilaksanakan berbasis teknologi dan sistem informasi, baik pembelajaran secara off-line (tatap muka) maupun pembelajaran secara on-line (Edmodo/google classrom).
  4. Melaksanakan kerjasama/Mandiri di dalam melakukan penelitian inovasi pembelajaran
  5. Mengembangkan dan mengadaptasi teknologi pembelajaran yang dianggap layak.
  6. Proses pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi informasi dalam pelaksanaannya.
  7. Buku dan Jurnal/Karya Ilmiah yang dapat diakses setiap saat.
  8. Mahasiswa dibekali dengan keterampilan teknologi melalui mata kuliah komputer yaitu aplikasi komputer dengan bobot 4 sks dan komputer akuntansi dengan bobot 3 sks. Mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti uji kompetensi komputer yang bekerja sama dengan lembaga lain.

Berorientasi Global

Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali, telah berupaya melakukan perubahan dalam proses pendidikan yang lebih menekankan pada terselenggaranya sistem pendidikan yang lebih komprehensip dan fleksibel, sehingga lulusan dapat berfungsi secara efektif dan efesien dalam kehidupan masyarakat global. Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali telah mengadakan penyempurnaan kurikulum pendidikan yang berorentasi global dengan tujuan menghasilkan guru pendidikan ekonomi baik tingkat SMP,  maupun SMA/SMK dengan cara meningkatkan kemampuan individu dalam memahami masyarakat dalam kaitannya dengan kehidupan masyarakat dunia, yang memiliki karakteristik: a) mempelajari budaya, sosial, politik ekonomi bangsa lain yang menitikberatkan pada pemahaman adanya saling ketergantungan (manusia sebagai mahluk sosial), b) mempelajari berbagai cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan bidang kajian keilmuannya untuk dipergunakan sesuai dengan kebutuhan lingkungan setempat, dan  c) mengembangkan berbagai kemungkinan, kompetensi, dan keterampilan untuk bekerjasama di dalam mewujudkan  kehidupan masyarakat dunia yang lebih baik.

 

PROFIL LULUSAN & DESKRIPSI PROFIL

Kode

Profil Lulusan

Deskripsi Profil

Utama

P1

Pendidik Ekonomi

·         Guru, Instruktur, widyaiswara, fasilitator pembelajaran yang kreatif, inovatif, berjiwa pancasila dan kepemimpinan, menguasai materi ilmu ekonomi sehingga dapat mendidik dengan berbasis teknologi informasi, mengikuti perkembangan ekonomi dan pembelajaran, dan didukung kemampuan berbahasa inggris, berpotensi melanjutkan ke pendidikan profesi untuk menjadi guru profesional serta mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi di bidang pendidikan ekonomi dan ilmu ekonomi.

·         Pendidik Ekonomi, di SMA/MA, SMK/MAK atau yang sederajat

·         Pendidik Ekonomi bidang keahlian Prakarya dan kewirausahaan di SMA/MA, SMK/MAK atau yang sederajat

·         Pendidik Ekonomi bidang keahlian produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMA/MA, SMK/MAK atau yang sederajat

Penunjang

P2

Asisten peneliti pendidikan ekonomi

 

Pengkaji permasalahan pendidikan ekonomi dan ekonomi pendidikan dengan didukung kemampuan berbahasa inggris dan penguasaan teknologi informasi dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, serta berpotensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi di bidang pendidikan ekonomi

P3

Entrepreneur Mandiri

Memiliki komptensi untuk mengaplikasikan Wirausaha mandiri baik dalam bidang keilmuan ekonomi, maupun pendidikan ekonomi (Edupreneur  bidang kependidikan ekonomi)

P4

Pengelola keuangan pada organisasi bisnis dan nirlaba

Memiliki kompetensi pengelolaan keuangan organisasi bisnis dan nirlaba berdasarkan standar akuntansi yang berlaku

Visi dan Misi

Visi

Program Studi yang Unggul Berbasis Budaya dan Sistem Informasi Berorientasi Global Tahun 2030

 

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, selanjutnya dirumuskan misi Program Studi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali sebagai berikut.

  1. Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran dalam Bidang Pendidikan Ekonomi berbasis budaya dan sistem informasi berorientasi global.
  2. Melaksanakan Penelitian dalam Bidang Pendidikan Ekonomi berbasis budaya dan sistem informasi berorientasi global.
  3. Melaksanakan Pengabdian Masyarakat dalam Bidang Pendidikan Ekonomi berbasis budaya dan sistem informasi berorientasi global.
  4. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak di bidang pendidikan ekonomi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Tujuan

Berdasarkan Visi dan Misi di atas, maka tujuan yang ingin diwujudkan oleh Prodi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bali adalah sebagai berikut.

  1. Menghasilkan guru pendidikan ekonomi dan tenaga profesi lainnya dalam bidang pendidikan ekonomi berbasis budaya dan sistem informasi berorientasi global.
  2. Menghasilkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan hasil penelitian dalam bidang pendidikan ekonomi berbasis budaya dan sistem informasi beroirentasi global.
  3. Menghasilkan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membantu memecahkan berbagai masalah sosial dimasyarakat.
  4. Menjalin jaringan kemitraan dengan berbagai pihak dibidang pendidikan Ekonomi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Akreditasi

Terakreditas B dari BAN PT dengan SK BAN PT No. 1670/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018

Mata Kuliah

NO

KODE

NAMA MATA KULIAH

SKS

JS

SEMESTER

I

MATA KULIAH WAJIB UMUM / NASIONAL

 

 

1

2

3

4

5

6

7

8

1.       

1900013221

Pendidikan Agama

2

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

2.       

1900023221

Pendidikan Pancasila  

2

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

3.       

1900033222

PendidikanKewarganegaraan

2

 

 

Ö

 

 

 

 

 

 

4.       

1900043221

Bahasa Indonesia

2

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

II

MATA KULIAH WAJIB INSTITUSI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.       

1901013221

PendidikanKarakter

 2

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

6.       

1901023225

PendidikanWawasan PGRI

 2

 

 

 

 

 

Ö

 

 

 

7.       

1901033225

PendidikanAntikorupsi

 2

 

 

 

 

 

Ö

 

 

 

8.       

1901043222

PendidikanKewirausahaan

 2

 

 

Ö

 

 

 

 

 

 

9.       

1901053222

General English

2

 

 

Ö

 

 

 

 

 

 

10.   

1901064123

English for Scientific Research

2

 

 

 

Ö

 

 

 

 

 

11.   

1901073223

Komputer Pemrograman

2

 

 

 

Ö

 

 

 

 

 

12.   

1901083225

Media & Pembelajaran Berbasis TIK

2

 

 

 

 

 

Ö

 

 

 

13.   

1901093222

IBD

2

 

 

Ö

 

 

 

 

 

 

III

MATA KULIAH WAJIB FAKULTAS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14.   

19320122

Pengantar IPS

2

 

 

Ö

 

 

 

 

 

 

15.   

19320223

IPS Terpadu

2

 

 

 

Ö

 

 

 

 

 

IV

MATA KULIAH WAJIB PRODI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A.

MATA KULIAH ILMU PENDIDIKAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16.   

19320321

Dasar-dasar Kependidikan

2

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

17.   

19320422

Profesi Pendidikan

2

 

 

Ö

 

 

 

 

 

 

18.   

19320523

Perkembangan Peserta Didik

2

 

 

 

Ö

 

 

 

 

 

B.

MATA KULIAH ILMU PENGAJARAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19.   

19320633

Strategi Pembelajaran Ekonomi

3

 

 

 

Ö

 

 

 

 

 

20.   

19320734

Telaah Kurikulum & Perencanaan Pembelajaran Ekonomi

3

 

 

 

 

Ö

 

 

 

 

21.   

19320824

Telaah Buku Teks SMA

2

 

 

 

 

Ö

 

 

 

 

22.   

19320935

Penilaian Pembelajaran Ekonomi

3

 

 

 

 

 

 

Ö

 

 

23.   

19321033

Belajar dan Pembelajaran Ekonomi Digital

3

 

 

 

Ö

 

 

 

 

 

24.   

19321124

PLP I

2

 

 

 

 

Ö

 

 

 

 

25.   

19321226

Microteaching

2

 

 

 

 

 

 

Ö

 

 

26.   

19321347

PLP 2

4

 

 

 

 

 

 

 

Ö

 

C

MATA KULIAH  TEORI EKONOMI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

27.            

19321421

Pengantar Ilmu Ekonomi

2

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

28.            

19321522

Sistem Ekonomi

2

 

 

Ö

 

 

 

 

 

 

29.            

19321632

Perkembangan Teori Ekonomi

3

 

 

Ö

 

 

 

 

 

 

30.            

19321734

Teori Ekonomi Mikro

3

 

 

 

 

Ö

 

 

 

 

31.            

19321835

Teori Ekonomi Makro

3

 

 

 

 

 

Ö

 

 

 

D

MATA KULIAH EKONOMI TERAPAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

32.            

19321936

Ekonomi Pembangunan

3

 

 

 

 

 

 

Ö

 

 

33.            

19322037

Ekonomi Publik

3

 

 

 

 

 

 

 

Ö

 

34.            

19322136

Ekonomi Moneter

3

 

 

 

 

 

 

Ö

 

 

35.            

19322237

Ekonomi Internasional

3

 

 

 

 

 

 

 

Ö

 

36.            

19322324

Ekonomi Industri Kreatif

2

 

 

 

 

Ö

 

 

 

 

37.            

19322435

Ekonomi Koperasi

3

 

 

 

 

 

Ö

 

 

 

38.            

19322524

Ekonomi Pariwisata

2

 

 

 

 

Ö

 

 

 

 

39.            

19322635

Ekonomi Pendidikan

3

 

 

 

 

 

Ö

 

 

 

40.            

19322736

Perekonomian Indonesia

3

 

 

 

 

 

 

Ö

 

 

41.            

19322824

Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank

2

 

 

 

 

 

Ö

 

 

 

42.            

19322921

Matematika Ekonomi

2

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

43.            

19323032

Pengantar Akuntansi

3

 

 

Ö

 

 

 

 

 

 

44.            

19323133

Analisis Laporan Keuangan

3

 

 

 

Ö

 

 

 

 

 

45.            

19323224

Perpajakan

2

 

 

 

 

Ö

 

 

 

 

46.            

19323333

Komputer Akuntansi

3

 

 

 

Ö

 

 

 

 

 

E

MATA KULIAH MANAJERIAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

47.     

19323421

Pengantar Manajemen

2

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

48.     

19323521

Pengantar Bisnis

2

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

49.     

19323621

Kepemimpinan

2

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

50.     

19323725

SIM

2

 

 

 

 

 

Ö

 

 

 

51.     

19323824

Manajemen Pemasaran

2

 

 

 

 

Ö

 

 

 

 

52.     

19323927

Manajemen SDM

2

 

 

 

 

 

 

 

Ö

 

53.     

19324027

E-Commerce dan networking bisnis *

2

 

 

 

 

 

 

 

Ö

 

54.     

19324127

Manajemen Resiko Bisnis*

2

 

 

 

 

 

 

 

Ö

 

55.     

19324227

Manajemen Keuangan Bisnis *

2

 

 

 

 

 

 

 

Ö

 

56.     

19324327

StudiKelayakanbisnis*

2

 

 

 

 

 

 

 

Ö

 

57.     

19324428

Simulasi dan Perencanaan Bisnis *

2

 

 

 

 

 

 

 

 

Ö

58.     

19324528

Praktek dan Seminar Keuangan Bisnis*

2

 

 

 

 

 

 

 

 

Ö

F

MATA KULIAH PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

59.     

19324636

Statistika

3

 

 

 

 

 

 

Ö

 

 

60.     

19324736

Metodelogi Penelitian Tindakan Kelas

3

 

 

 

 

 

 

Ö

 

 

61.     

19324836

Metodelogi Penelitian Kuantitatif

3

 

 

 

 

 

 

Ö

 

 

62.     

19324947

KKN

4

 

 

 

 

 

 

 

Ö

 

63.     

19325068

Skripsi

6

 

 

 

 

 

 

 

 

Ö

Dosen

NO

NAMA DOSEN DAN GELAR

STATUS DOSEN

NIDN

NIP

 
 

1

Ni Wayan Widi Astuti,S.Pd.,M.Pd

Tetap/Yayasan

0830048701

 

2

Ni Luh Putu Cahayani,S.Pd.,M.Pd

Tetap/Yayasan

0829118801

 

3

Putu Diah Asrida,SE.,M.Si.,Ak.,CA

Tetap/Yayasan

0813078604

 

4

I Ketut Westra,S.Pd.,M.Pd

Tetap/Yayasan

0829096402

 

5

Putu Siti Firmani,SE.,MM

Tetap/Yayasan

0820067101

 

6

Ni Luh Putu Yesy Anggreni,S.Pd.,M.Pd

Tetap/Yayasan

0828039102

 

7

Drs. I Ketut Sugama,MM.,M.Pd

Tetap

0021085606

19560821 198703 1 007

 

8

Dra. Ni Nyoman  Murniasih,M.Erg

Tetap

0020055809

19580520 198203 2 001

 

9

Drs. Ida Bagus Oka Sudarsana,M.Pd

Tetap

0010015917

19590110 198603 1 002

 

10

Drs. I Gusti Bagus Ardana Adnya,M.Si

Tetap/Yayasan

8807030016

 

11

Dra. Made Piliani, MM

Tetap

0021085708

19570821 198503 2 001

 

12

I Ketut Sudana, SE.,MM

Yayasan

0829037801

 

 

13

I Dewa Gede Kresna Wirawan,SE.,MM

Yayasan

0822079201

 

 
Laboratorium

Sebagai upaya untuk mewujudkan visi, misi serta tujuan Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali, diperlukan berbagai sarana dan prasarana sebagai penunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali. Salah satu sarana dimaksud ialah Laboratorium Ekonomi.

    Laboratorium ekonomi Sebagian besar digunakan oleh mahasiswa untuk berdiskusi kegiatan akademik maupun non akademik kampus yang disesuaikan dengan kegiatan UKM mahasiswa. Kegiatan diskusi yang dilakukan oleh mahasiswa didampingi oleh dosen pembimbing sesuai dengan UKM/kosentrasi bidang keahlian dosen yang bersangkutan.

Tantangan Revolusi Industri 4.0, merupakan tugas berat bagi perguruan tinggi, karena selain harus memenuhi tuntutan lokal dan nasional, juga harus berusaha menghasilkan lulusan yang mampu bersaing ditingkat regional, nasional, bahkan internasional. Salah satunya dengan meningkatkan sumber daya manusia sebagai aspek penting dalam menambah daya tawar (bergaining power) pada era Revolusi Industri 4.0. Melalui kegiatan-kegiatan kreatif mahasiswa yang dihasilkan dari kegiatan UKM-UKM Kemahasiswaan diharapkan mahasiswa mempunyai keuanggulan dalam menyingkapi perubahan era yang baru ini dengan memberikan perhatian pada salah satu basis penunjang terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Link sosmed fakultas dan beberapa link kegiatan prodi

Youtube:

https://www.youtube.com/channel/UCLXH5KskKEErpknuCsTl0Nw

             

Instagram:

@hmpspend_ekonomilipgribali

 

Facebook:

hmps pendidikan ekonomi

Jurnal Ilmiah

https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/socialstudies