BPM

Badan Penjamin Mutu (BPM)

Mahadewa University

TUGAS BPM IKIP PGRI BALI

Melaksanakan penjaminan mutu internal bidang akademik, administrasi, dan manajemen.

FUNGSI BPM IKIP PGRI BALI

Fungsi BPM meliputi :

  • Penyusunan rencana dan program kerja BPM;
  • Analisis kebijakan IKIP PGRI Bali di bidang penjaminan mutu dan ketentuan peraturan perundang-undangan terkait;
  • Pengembangan standar mutu yang diperlukan dalam pelaksanaan penjaminan mutu internal;
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan penjaminan mutu internal sesuai dengan standar mutu;
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan akriditasi program studi dan institusi;
  • Pemutahiran data institusi yang berkaitan dengan penjaminan mutu secara berkelanjutan;
  • Mengkoordinasikan peningkatan pemenuhan standar mutu;
  • Pelaksanaan pemantoan dan evaluasi kegiatan penjaminan mutu di tingkat fakultas dan program studi; dan
  • Pelaporan kegiatan BPM kepada Rektor secara berkala.

WEWENANG

Wewenang BPM IKIP PGRI Bali :

  • Membentuk tim kerja internal dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsinya;
  • Mengambil keputusan dan membuat kebijakan sesuai dengan tugas, fungsi, dan wilayah kerjanya;
  • Menjabarkan dan mengimplementasikan kebijakan yang terkait dengan penjaminan mutu dengan berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan dan melakukan pengendalian, pengawasan, koordinasi, dan pembinaan sumberdaya manusia secara internal.

VISI DAN MISI

VISI

Badan Penjaminan Mutu IKIP PGRI Bali memiliki visi :

membudayakan system penjaminan mutu internal (SPMI) di IKIP PGRI Bali dalam rangka mendukung visi misi lembaga dalam bidang pendidikan,penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

MISI

  1. Mengawal perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada tingkat Institut, dan seluruh unsur pelaksana akademik, administrasi, dan unsur penunjang Institusi.
  2. Mengawal perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) dari lembaga nasional maupun internasional baik pada tingkat institut, maupun seluruh unsur pelaksana akademik, administrasi, dan unsur penunjang Institut.

TUGAS DAN WEWENANG KETUA BPM

  • Membantu Rektor menyusun sasaran mutu Institut;
  • Menyusun visi, misi, tujuan dan sasaran BPM sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran IKIP PGRI Bali;
  • Menyusun Renstra BPM berdasarkan Renstra IKIP PGRI Bali;
  • Menyusun rencana program kerja dan anggaran BPM IKIP PGRI Bali;
  • Mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan tindak lanjut penerapan Sistem Penjaminan Mutu di lingkungan Institut;
  • Menyusun dokumen dan bertanggungjawab implementasi SPMI;
  • Menyelenggarakan pelatihan Sistem Penjaminan Mutu;
  • Melaksanakan Audit Mutu dan Pengukuran Kinerja Mutu;
  • Menyiapkan materi dan menyelenggarakan RTM di tingkat Institut;
  • Mengembangkan dan mengelola sistem informasi penjaminan mutu Institut;
  • Menyusun laporan secara berkala kepada Rektor tentang implementasi Sistem Penjaminan Mutu.

TUGAS DAN WEWENANG SEKRETARIS BPM

  • Merencanakan dan melaksanakan pengembangan dokumen mutu: manual mutu, kebijakan mutu, rencana mutu, standar mutu, sasaran mutu, prosedur sistem mutu (SOP), instruksi kerja, sistem catatan mutu;
  • Merencanakan dan melaksanakan pengendalian dokumen, rekaman/catatan mutu, laporan (laporan akhir jabatan, laporan tahunan, laporan unit kerja, laporan akhir kegiatan/kepanitiaan);
  • Mengkoordinasikan penyusunan laporan evaluasi diri di tingkat Institut, Fakultas maupun Prodi/Unit Kerja;
  • Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders;
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban setiap semester;
  • Melakukan pengarsipan dokumen penjaminan sistem mutu.

TUGAS DAN WEWENANG KOORDINATOR PENJAMINAN MUTU INTERNAL

  • Merancang dan melaksanakan pengembangan instrumen monitoring dan evaluasi serta audit mutu internal, instrumen evaluasi (kuisioner);
  • Melaksanakan uji validitas dan reliabilitas instrumen evaluasi;
  • Merencanakan dan melaksanakan monitoring dan evaluasi serta audit mutu internal;
  • Melakukan pengukuran Renstra Institut berdasarkan pengukuran renstra Prodi/Unit Kerja tiap tahun;
  • Melakukan pengukuran sasaran mutu Institut berdasarkan pengukuran renstra prodi/unit kerja tiap tahun;
  • Merumuskan tindakan koreksi untuk memelihara dan meningkatkan mutu secara berkelanjutan;
  • Menyiapkan dan mengkoordinasikan kegiatan audit atau monev;
  • Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders;
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban setiap semester;
  • Melakukan pengarsipan dokumen.

TUGAS DAN WEWENANG KOORDINATOR MUTU EKSTERNAL

  • Menyiapkan pengisian borang akreditasi institusi dan borang akreditasi internasional;
  • Melakukan pendampingan dan fasilitasi pengisian borang akreditasi institusi dan prodi;
  • Membantu penyediaan data untuk pengisian borang akreditasi institusi dan prodi;
  • Melakukan simulasi penghitungan penilaian akreditasi institusi dan prodi;
  • Melakukan pendampingan pelaksanaan visitasi akreditasi;
  • Menyiapkan dan mengkoordinasikan kegiatan audit atau monev dari pihak eksternal Institut;
  • Merumuskan tindakan koreksi untuk memelihara dan meningkatkan mutu secara berkelanjutan;
  • Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders;
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban setiap tahun;
  • Melakukan pengarsipan dokumen.

Personalia BPM IKIP PGRI Bali periode 2019 – 2023:

Ketua                                                  : Dr. Drs. I Wayan Suanda,S.P; M.Si.

Sekretaris                                            : Drs. I Gusti Lanang Rai Arsana, M.Pd

 

BPM FAKULTAS (GUGUS)                      

Ketua BPM FIP                                  : Dr. A. A Ngurah Adhiputra, M.Pd

Sekretaris BPM FIP                            : Dra. Ni Made Wery Dartiningsih, M.Pd. Kons

Ketua BPM FPBS                              : I Made Sujana, S.Sn., M.Si

Sekretaris BPM FPBS                        : Made Adnyana, S.H., M.H

Ketua BPM FPIPS                             : Drs. I Wayan Suana, M.Pd

Sekretaris BPM FPIPS                       : Ni Wayan Widi Astuti, S.Pd., M.Pd

Ketua BPM FPOK                             : Drs. I Putu Mertayasa, M.Si

Sekretaris BPM FPOK                       : I Made Bagia , S.E., M.Fis

Ketua BPM Fakultas FPMIPA           : Ni Ketut Erawati, S.Si., M.Pd

Sekretaris BPM Fakultas FPMIPA     : Ni Kadek Yuniari Suryatini, S.Si., M.P