Tim Monotoring Seni Pertunjukan

Bicara seni pertunjukkan yang ada di Bali, saat ini pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali yaitu Dinas Kebudayaan Provinsi Bali membentuk tim Pembina atau tim monitoring untuk para seniman seni. Pertunjukkan yang ada di Bali. Karena selama ini seni pertunjukan yang ada di Bali berjalan dengan sendirinya.
“jika tetap seperti ini, maka kedepannya seni pertunjukkan kita tidak aan bisa berkembangdengan baik dan lambat laut akan bisa memudar hilang ditelan zaman,” ujar Dosen Program Studi (Prodi) Sendratasik IKIP PGRI Bali, I Wayan Sugama alias Codet.
Dikatakan, seni pertunjukkan yang ada di Bali seperti calonarang, sendratari dan drama juga salah satu bagian dari kemajuan dan perkembangan periwisata di Bali. Jika seni pertunjukkan Bali hilang, maka Bali tidak ada nilai sejarahnya. “Agar seni pertunjukkan yang ada di Bali bisa berjalan dengan eksisi, maka yang sangat diharapkan adalah peran Pemprov Bali yaitu Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, dan yang jelasnya mereka butuh untuk bisa dijamin kesejahteraannya”.
Menurutnya, bila seni pertunjukan ini tetap mendapat dukungan dari Pemprov Bali, khususnya Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, maka dirinya yakin seni pertunjukan akan bisa tetap eksisi dan berkembang. “Apalagi seni pertunjukan yang ada di Bali juga menjadi satu bagian untuk kemajuan dan perkembangan pariwisata di Bali.”

(Renon ; 2015)

Berikan Komentar