SPMB IKIP PGRI Bali – Diikuti 514 Peserta, Bebas Tato dan Uang Gedung

Minat anak muda untuk menjadi guru sangat besar. Ini terlihat pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) di IKIP PGRI Bali yang masih konstan seperti tahun lalu, SPMB IKIP PGRI Bali untuk gelombang I, Senin kemarin di ikuti 514 peserta. Mereka datang dari seluruh Bali, NTB dan NTT serta Jawa Timur.
Selain mengikuti tes tulis, calon guru yang direkrut IKIP PGRI Bali juga melalui tes wawancara. Menurut Ketua Panitia Penmaru yang juga PR I IKIP PGRI Bali Drs. Pande Wayan Bawa, M.Si. , khusus untuk FPOK peserta juga wajib menjalani tes kebugaran jasmani karena dicetak sebagai calon guru olahraga. Pengumuman hasil tes dilakukan 5 Juli 2014.
Pande Wayann Bawa menjelaskan, dari 514 peserta testing semuanya tersebar di program studi. Peserta terbanyak memilih FPOK yakni 141 orang, Pend. Matematika 103, Pend. Ekonomi 54, Pend. Bahasa Indonesia 52, BK 46, Pend. Biologi 47, Pend. Seni Tari 38, Pend. Bahasa Daerah Bali 7, Pend. Seni Rupa 7 dan Pend. Sejarah 19 orang. Sedangkan kuota ttahun ini IKIP PGRI Bali akan menerima 1000 mahasiswa bar sesuai dengan jumlah keluaran tahun ini. Pendaftaran gelombang II dimulai senin kemarin hingga 2 Agustus. Testing SPMB kedua dilakukan 4 Agustus dan pengumumannya 9 Agustus 2014.
Rektor IKIP PGRI Bali Dr. I Made Suarta, S.H., M.Hum. berterima kasih IKIP PGRI Bali dikejar masyarakat karena terbukti mampu mencetak calon guru professional. Ini juga didukung outcomes IKIP PGRI Bali sukses direkrut menjadi guru PNS, swasta dan sebagian mandiri. Bahkan sejak tahun 2014 lulusannya sudah diberkati dengan penguassaan Kurikulum 2013 yang terbaru.
Dia menegaskan, calon mahasiswa yang mengikuti SPMB IKIP PGRI Bali harus bebas dari tato dan narkoba. Bahkan , Yayasan meniadakan atau membebaskan mereka dari uang gedung. Sebab, IKIP PGRI Bali konsisten untuk mencetak calonn guru berkarakter, Apalagi, IKIP PGRI Bali dipercaya sebagai pusat pendidikan karakter di Kopertis VIII.
Khusus untuk memotivasi anak muda Bali menjadi guru bahasa Daerah Bali, Pend. Seni Rupa, Sendratasik dan Pend. Sejarah, mereka dibebaskan dari biaya SPP hingga tamat. Inilah peran penting IKIP PGRI Bali mengemban amanah mantan Gubernur Bali alm. I.B. Mantra untuk melestarikan dan menggembangkan bahasa Bali dan Seni tradisi Bali.
Ketua YPLP PT IKIP PGRI Bali Drs. IGB Arthanegara, S.H., M.H., M.Pd. menambahkan, jika dulu hanya mahasiswa yang kuliah pagi diberikan beasiswa ini, kini mencakup semua mahasiswa baru di Pend. Bahasa Daerah Bali, Seni Rupa, Sejarah dan Sendratasik. Makanya Made Suarta dan Arthanegara berharap pemerintah memperbanyak mengangkat guru bahasa Bali di sekolah. Disampng itu, Pergub yang memperkuat posisi guru bahasa Daerah Bali harus diikuti tindakan nyata berkephakan pada nasib guru bahasa Bali di daerah.
Kini, IKIP PGRI Bali sedang menggenjot pembukaan program S-2 Pend. Bahasa Indonesia yang sudah sampai ketahap kelima dan Pembukaan S-1 PGSD. Semangat Rektor itu juga diimbangi yayasan untuk focus menggenjot kualifikasi SDM dosen IKIP PGRI Bali. Menurut Ketua UPLP PT IKIP PGRI Bali IGB Arthanegara, saat ini IKIP PGRI Bali memiliki 11 doktor tersebar di semua prodi dan delapan kandidat doctor. Pembangunan fasilitas juga demikian. Lahan 29 are di kampus pusat yang dulu system sewa, kini sudah menjadi milik kampus dan akan ditata untuk muntuk menjadikan kampus ini tersentralisasi di Jl. Seroja. Secara perlahan kampus di Jl. Akasia akan pindajh ke Tonja guna meningkatkan pelayanan.

(2014 ; Bali Post)

23 Komentar

  1. Dewi

    selamat siang bapak/ibu

    saya mau bertanya, pengumuman mahasiswa baru tgl 5 juli itu ditempel di kampus atau bisa searching melalui internet ?

    Terima Kasih

  2. puspa

    selamat pagi bapak/ibu..

    saya mau minta informasi,terkait dengan uang kulih cicilan 1 pada formulir pendaftaran mahasiswa baru, yang dimaksud cicilan 1 semester ganjil itu meliputi apa saja (SPP,atau pengembangan program,atau pengembangan fasilitas) ?

    terima kasih.

    • Hallo Puspa,,
      cicilan I terdiri atas :
      SPP 960.000
      Pengembangan Program 1.165.000
      dan pengembangan fasilitas 1.160.000
      totalnya 3.285.000 per tahun , ini bisa di cicil 2x (bayarnya per 6 bulan dibulatkan menjadi 1. 645.000)
      ditambah biaya laboraturium : 200.000
      (coba dilihat di brosurnya)
      ditambah PKKMB : 2.915.000
      terima kasih…

  3. Dewa

    Selamat siang Bapak/ibu
    Saya ingin bertanya, apa saja syarat untuk pendaftaran ulang dan sampai kapan batas waktunya ?
    Terima Kasih

    • Halo Dewa.. untuk pendaftaran ulang gelombang I dimulai tanggal 7-19 Juli 2014 mulai jam 09.00-13.00 wita bertempat di Kampus Pusat, Jalan Seroja Tonja Denpasar Utara..
      terima kasih..

  4. ida ayu trisna

    slmt siang bpk/ibu
    sya mau tanya kalau pgsd unram(universitas mataram) smester3 apa bisa pindah k ikip?
    dan jika bisa brpa biaya nya
    trimksi

    • hallo ida ayu…untuk rincian biaya bisa adik tanya langsung datang ke IKIP PGRI Bali pusat di jalan Seroja..
      terima kasih

Berikan Komentar