Seminar Nasional Biology and Entrepreneur Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP PGRI Bali Tahun 2017

Seminar Nasional Biology and Entrepreneur Jurusan Pendidikan Biologi

Seminar Nasional Biology and Entrepreneur Jurusan Pendidikan Biologi

Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu PengetahuanAlam (FPMIPA) IKIP PGRI Bali, Kamis 27 Juli 2017 menggelar Seminar Nasional yang pertama dengan Tema “Biology and Entrepreneur” yang diselenggarakan di Grand Mutiara Ballroom Hotel Nikki Denpasar. Adapun yang melatar belakangi kegiatan tersebut iyalah dahulu manusia hanya mengambil sesuatu dari lingkungannya yang langsung dapat dimanfaatkan untuk kehidupannya, misalnya buah-buahan langsung dipetik untuk dimakan, sementara bagian lain dari tumbuhan itu dibiarkan atau dibuang begitu saja. Namun sejak berkembangnya biologi, khususnya pada cabang zoologi, botani, taksonomi, biokimia, mikrobiologi dan bioteknologi, manusia telah berhasil menemukan berbagai bagian tubuh tumbuhan atau hewan yang dapat diolah menjadi bahan baku tertentu sehingga dapat menghasilkan nilai jual, seperti contohnya ditemukan kandungan gula yang cukup tinggi pada batang tebu selanjutnya diteliti dan diolah menjadi gula, dengan berkembangnya mikrobiologi telah diketahui berbagai struktur dan sifat-sifat dari berbagai jenis mikroba atau jasad renik baik yang menguntungkan maupun bersifat patogen (menyebabkan penyakit) maka berkembang industri obat-obatan, serta contoh biologi dalam bidang industri makanan yaitu ditemukannya berbagai jenis bakteri yang dapat dimanfaatkan sebagai fermentasi makanan diantaranya bakteri Lactobacillus untuk proses pembuatan yoghurt.
Biologi merupakan salah satu basic science knowledge sehingga keilmuannya dapat diterapkan untuk berbagai bidang dan membuka peluang serta potensial untuk dihasilkan beragam produk baik pangan dengan teknologi tepat guna misal dengan proses fermentasi (melibatkan mikroorganisme) atau produk pertanian lain seperti kompos maupun produk kesehatan seperti penghasilan antibiotik alami yang berasal dari tanaman, hewan dan mikroorganisme.
Dunia kerja saat ini sudah tidak dapat dijadikan sebagai topangan harapan utama lulusan perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan, untuk itu diperlukan terobosan dalam menciptakan alternatif lapangan pekerjaan berbasis keilmuan yang diperoleh di bangku kuliah.
Pendidikan dan pelatihan kewirausahaan dipandang perlu untuk membentuk dan mendukung job skill yang dimiliki oleh mahasiswa Biologi.Sebagai upaya untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan Biologi, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan BIologi FPMIPA IKIP PGRI Bali, menyelenggarakan Seminar Nasional Biologi yang bertema “Biology and Entrepreneur”.dengan tujuan Memperdalam dan mengembangkan pengetahuan tentang Ilmu Kewirausahaan, Melatih dan mengasah mental wirausaha bagi mahasiswa Biologi yang mencakup kepercayaan diri, sadar akan jati diri, motivasi meraih cita-cita, pantang menyerah, mampu bekerja keras, kreatif, inovatif, berani mengambil resiko dengan penuh perhitungan, berperilaku pemimpin dan memiliki visi kedepan, tanggap terhadap saran dan kritik, serta memiliki kemampuan empati dan tanggap sosial.

Seminar Nasional Biologi menghadirkan narasumber Dr.Ir.Gede Ngurah Wididana M.Agr (Pak Oles Bokashi) dan Sayu ketut Sutrisna Dewi,SE.,MM.,Ak.(Ketua Pusat Pengembangan Kewirausahaan Universitas Udayana), selain itu, seminar juga dihadiri alumni dari jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP PGRI Bali yang memaparkan kisah suksesnya yakni I Wayan Wikrawan, S.Pd (membangun sekolah PAUD) dan I Wayan Dresti Yasa, S.Pd (Pemilik Endek Dresti Sibetan Karangasem).

Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Suarta,S.H.,M.Hum. dalam sambutannya menegaskan, untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, mahasiswa harus memegang prinsip DJITU. Prinsip DJITU yaitu Dedikasi, Jujur, Inovatif, Tekun, dan Ulet.

Sementara narasumber Seminar Dr.Ir.Gede Ngurah Wididana M.Agr, memaparkan, Biologi memiliki cakupan yang luas meliputi berbagai bidang, seperti spiritual, ekonomi, medis, pengolahan limbah, air serta berbagai produk kecantikan.

Sedangkan Sayu Ketut Sutrisna Dewi,SE.,MM.,Ak. Dalam pemaparannya menyampaikan, di tengah tantangan global saai ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya menjadi pencari kerja. Di era seperti sekarang, mahasiswa juga harus bisa membuat lapangan pekerjaan.

Selain Rektor dan Narasumber, seminar ini juga dihadiri Dekan fakultas IKIP PGRI Bali, Ketua Yayasan , mahasiswa jurusan biologi FPMIPA IKIP PGRI Bali serta beberapa peserta dari Perguruan Tinggi lain seperti Mahasaraswati, IKIP Tabanan dan Universitas Hindu Indonesia (UNHI).

Berikan Komentar