Seleksi Duta Genre 2017, IKIP PGRI Bali Targetkan Lolos Tingkat Nasional

IMG_20170528_213009376

Seleksi Duta Genre Mahasiswa IKIP PGRI Bali yang akan maju ke tingkat Kota Denpasar. Mereka masing-masing pasangan masing-masing, Putu Wahyu Juniarta dan Ni Luh Riska Yundari di urutan pertama, Wenseslaus Ngampus dan Ayu Putu Dewanti P. di urutan kedua dan pasangan Kadek Bima Sena dan Wayan Henny Novianti di urutan ketiga

Pemilihan Duta Generasi Berencana di Kampus IKIP PGRI Bali berhasil menjaring tiga pasang kandidat untuk maju di tingkat Kota Denpasar.

Berdasarkan keputusan juri ketiga pasangan masing-masing, Putu Wahyu Juniarta dan Ni Luh Riska Yundari di urutan pertama, Wenseslaus Ngampus dan Ayu Putu Dewanti P. di urutan kedua dan pasangan Kadek Bima Sena dan Wayan Henny Novianti di urutan ketiga.

Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Suarta, SH., M.Hum, mengatakan, kali pertama di Bali, IKIP PGRI Bali meraih prestasi Duta Genre nasional pada 2012 lalu.

“Mahasiswa kami pernah meraih penghargaan sebagai Duta Genre tingkat nasional pada tahun 2012. Saya harap tahun ini diawali di tingkat Kota Denpasar, penghargaan itu mampu kita pertahankan lagi,” jelas Made Suarta, Sabtu, 27 Mei 2017.

Pemegang piala Ibu Negara sebagai Duta Genre Nasional itu yakni, Asteria Yuniarti, alumni IKIP PGRI Bali. Made Suarta berharap, tiga pasang kandidat yang akan maju di tingkat Kota Denpasar sanggup melewati seleksi hingga tingkat nasional.

Kandidat dari IKIP PGRI Bali, menurut Suarta, cukup diuntungkan dalam pemilihan Duta Genre ini. Mengingat, pihak kampus masih dapat melibatkan peraih Duta Genre Nasional yang notabene alumni kampus IKIP PGRI Bali dalam menyiapkan seleksi yang ada.

“Persiapannya kami mengundang kembali Asteria untuk membimbing kandidat yang akan maju di tingkat Kota,” jelas Made Suarta.

Dalam pemilihan Duta Genre tingkat kota diikuti oleh, 22 peserta dari 5 Kampus di Bali yakni, IKIP PGRI Bali, Universitas Ngurah Rai, Poltekkes Denpasar, STIKI dan UNHI.

Ketua Forum Genre Kota Denpasar, I Kadek Agus Pranata menjelaskan, Duta Genre ini nantinya akan berkontribusi aktif dalam berbagai kegiatan terkait pemberian pemahaman terhadap pentingnya Keluarga Berencana.

Duta Genre ini nantinya berada dibawah naungan Forum Genre dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

“Dimana pun mereka berada akan berkontribusi aktif dalam hal penyuluhan kepada masyarakat, termasuk di dalam kampus mereka,” jelas Kadek Agus Pranata, Minggu, 28 Mei 2017.

Sementara, penilaian terhadap peserta seleksi Duta Genre ini mencakup teknik komunikasi dan penguasaan materi. Mengingat, kata Agus Pranata, para Duta Genre ini menjadi kepanjangan dari Forum Genre dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Seleksi Duta Genre tingkat kota Denpasar diselenggarakan di auditorium Redha Gunawan, Kampus IKIP PGRI Bali, Minggu, 28 Mei 2017.

Dalam seleksi Duta Genre 2017 tingkat Kota Denpasar, peringkat pertama Putra diraih oleh I Putu Yandi Wirahadi dari UNHI Denpasar, peringkat kedua diraih I Putu Wahyu Jumartha Mahasiswa IKIP PGRI Bali dan peringkat ketiga, I gede Satya Wijaya dari Poltekkes Denpasar.

Peringkat pertama Putri diraih oleh Ni Putu Indah Prastika Dewi dari Poltekkes Denpasar, peringkat kedua Ni Putu Dyah Pramesti Cahyani dari Poltekkes Denpasar dan peringkat ketiga Ayu Putu Dewanti dari IKIP PGRI Bali

Berikan Komentar