Selain Karakter, Juga untuk Diperdagangkan- Rektor : Canang Sari dan Penjor Ekonomis

Kegiatan Lomba dalam memperingati piodalan Pura Jagat Widya Aksara bali IKIP PGRI Bali, yang di prakarsai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) telah usai Sabtu (12/7). Peraih Juara I lomba canang sari dan kuangen, disabet mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia dengan skor 22.800. Juara II Resimen Mahasiswa (Menwa) dengan skor 22.550. Juara III, mahasiswa jurusan Matematika dengan skor 22.350.
Lomba sanggah cucuk diraih BEM Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) dengan skor 25.150, Juara I BEM Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) dengan skor 24.000 dan Juara II untuk Fakultas Ekonomi dengan skor 24.850. Untuk lomba Ngelawar, Juara I BEM FPIPS dengan skor 24.150, Juara II, BEM FPOK dengan skor 24.000 dan Juara III BEM FPMIPA dengan skor 23.900
Sementara Juara Penjor, juara I BEM FPIPS, Juara II BEM FPIPS dan Juara III BEM FPOK dengan skor 23.900
Rektor IKIP PGRI Bali,Dr. I Made Suarta, SH.,M.Hum menyerahkan hadiah kepada peraih juara sederetan lomba tersebut yang di damping Ketua YPLP IKIP PGRI Bali, Drs. IGB Arthanegara, SH.,M.Pd., MH. Serta sejumlah Pembantu Rektor (PR)) dekan dan dosen, sementara itu Rektor IKIP PGRI Bali, I Made Suarta mengatakan, dalam lomba ini terdapat jenis lomba yang bernilai ekonomis, diantaranya, canang sari, sanggah cucuk dan penjor.
Nilai ekonomis itu dapat dilakukan di luar kampus untuk hasil tambahan. Suarta mengharapkan, ke depan kegiatan lomba dapat ditambah, yang sesuai dengan adat dan budaya Bali, karena kegiatan ini merupakan bagian dari pendidikan karakter. Melalui Lomba ini, mahasiswa atau lulusan agar dapat ikut melestarikan adat dan budaya Bali. Kendati pada era Globalisasi, adat dan budaya harus di pertahankan, agar tidak tergerus. Selain tentang lomba, PR I IKIP PGRI Bali, Drs. Pande Wayan Bawa M.Si. menuturkan, saat ini IKIP PGRI sedang menerima mahasiswa barugelombang ke 2, dan tes tulis dan wawancara akan dilangsungkan 4 Agustus mendatang.
Khusus Gelombang I, yang telah lulus tes dan wawancara 500 lebih calon mahasiswa. Ketua BEM IKIP PGRI Bali. Pande Yulia menjelaskan, lomba serupa akan dilaksanakan setiap tahun, pada piodalan Pura Jagat Widya Aksara atau mungkin juga menjelang hari raya Galungan dan Kuningan.

(2014; Fajar Bali)

Berikan Komentar