Profil Rektor

Sosok
Dr. I Made Suarta, S.H., M.Hum

Sejumlah Agenda

Populasi mahasiswanya semakin banyak dari tahun ke tahun terutama mahasiswa ‘fresh’, hal itu tidak terlepas dari kebijakan pemerintah yang mulai memperbaiki kesejahteraan para pendidik, hal mana tidak terjadi di masa silam sebelum turunnya kebijakan tersebut.

Mengantisipasi akan adanya bomming mahasiswa di masa – masa mendatang, sebagai puncuk pimpinan tertinggi di IKIP PGRI Bali, Rektor Dr. I Made Suarta, S.H., M.Hum mulai merancang sejumlah agenda yang dituangkan dalam bentuk program jangka pendek dan jangka panjang, sesuai jabatan yang diembannya selama menjabat PR 2 sebelum di angkat menjadi Rektor tahun 2010 lalu tersebut dibagi ke dalam beberapa bidang seperti bidang akademik yakni mengkaji kurikulum, statuta, secara konsisten demi melanjutkan evaluasi diri dalam menyongsong akreditasi program study. Lalu meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dosen-dosen sesuai jurusanny masing-masing, yang berdampak ganda terkait dengan dirinya berupa kenaikan pangkat dan kelembagaan.

Sejalan dengan itu tentu adanya perbaikan dalam hal peningktan kesejahteraan Dosen Yayasan IKIP PGRI Bali. Para Dosen yang mengabdi di IKIP PGRI Bali terdiri dari Dosen PNS yang DPK (dipekerjakan), Dosen Yayasan dan Dosen Honorer. Di bidang kelembagaan terkait dengan struktur, reposisi, pembaharuan sistem, managenent keuangan, home base dosen terutama Dosen Yayasan. Lebih jauh dipaparkan Dr. I Made Suarta, S.H., M.Hum yang aktif diberbagai organisasi diluar kampus ini menjelaskan, bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan kuantitas dan kulitas buku perpustakaan IKIP PGRI Bali agar para mahasiswa dan Dosen dapat menambah wawasan mereka, dengan buku (bacaan) diluar buku pegangan yang wajib secara kurikuler dan literatur. Lalu, menggalang kerjasama dengan pihak ke 3 seperti R.R.I Denpasar,TVRI Bali, Perpustakaan Nasional di Teuku Umar,Undiksa, Universitas Negeri Semarang ( UNES), Universitas Tujuh Belas Agustus (UNTAG) Surabaya, Universitas Kanjuruhan Malang, Universitas Indraprasta Jakarta, Sekolah-sekolah di Bali Swasta maupun Negeri dan Lembaga lainnya.

Meningkatkan sarana dan prasarana belajar bagi para mahasiswa berupa laboratorium, microteaching (Bahasa, Matematika, dan Biologi). Dan terakhir penataan organisasi kemahasiswaan seperti HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan), BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), dan unit Kegiatan Mahasiswa serta Kesejahteraan Mahasiswa melalui pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi. Selain itu ada lomba karya tulis mahasiswa dan agenda – agenda penting lainnya semasa jabatannya. Program Baksos (Bakti Sosial) yang dilakukan Bedah Rumah Keluarga Miskin, program KKN bedah rumah ini pertama kali dilaksanakan oleh IKIP PGRI Bali dengan membedah 9 rumah di kota Denpasar, disamping ini bekerja sama dengan PERDAMI Bali untuk mengadakan pengobatan mata gratis juga membina desa merupakan program KKN / Baksos IKIP PGRI Bali yang sudah lebih dulu dijalankan .

BIOGRAFI

Nama : Dr. I Made Suarta, S.H., M.Hum
Tempat/Tgl. Lahir : Denpasar, 25 Oktober 1962
Alamat : Jalan Dukuh sari Gang Kaliasem 11 Sesetan, Denpasar Selatan

PENDIDIKAN

SD : SD No. 2 Sesetan, lulus tahun 1975
SMP : SMP INMINDAM, lulus tahun 1979
SMA : SMPP Negeri Denpasar, lulus tahun 1982
Perguruan Tinggi :
  • S1 Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP PGRI Bali, lulus tahun 1988
  • S1 Hukum Perdata Universitas Mahendradatta, lulus tahun 1994
  • S2 Linguistik (Wacana Sastra) Faksas Unud, lulus 2003
  • S3 Linguistik Faksas (Wacana Sastra) Unud, lulus tahun 2009

PRESTASI / JABATAN

INTERNAL (DI LINGKUNGAN IKIP PGRI BALI)

  • Ketua Program D2 PGTK Periode 2004-2008 diperpanjang sampai 2010
  • Pembantu Rektor II Periode 2006-2010
  • Rektor Periode 2014-2018

EKSTERNAL (di luar IKIP PGRI Bali)

  • Ketua Koperasi Taman sari thn 1998-2010
  • Ketua Koperasi Coblong Pamor thn 2005- sekarang
  • Pembina Yayasan Dharma Sunu Mandare thn 2008- sekarang
  • Pembina YPLP Dasmen PGRI Bali thn 2011- sekarang
  • Wakil Ketua APTISI Bidang Pendidikan Karakter