Persiapkan Lulusanya, HMJ Matematika IKIP PGRI Bali Adakan Kuliah Umum

1488277666674-33c2xi33tpgaqv3d0aax3e

Dalam rangka menyamakan persepsi tentang kurikulum, guru dan Ujian Nasional, serta mempersiapkan lulusanya, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematikan (HMJ Matematika), mengadakan kuliah umum yang bertempat di Aulah gedung Natya Loka Kebun Raya Bedugul Tabanan Bali.

Hal tersebut disampaikan oleh Dekan Fakultas MIPA IKIP PGRI Bali, Dra Ni Nyoman Parmithi MM. Dalam sambutanya Beliau mengatakan, Kuliah Umum HMJ Matematika merupakan salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh semua perguruan tinggi.

“kuliah umum ini merupakan salah satu implementasi dua dari tiga Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni kuliah umum dan pengabdian kepada masyarakat.”Ujar Dekan FP MIPA IKIP PGRI Bali yang akrab disapa Bu Mang ini Selasa (28/2/2017) pagi.

Harapanya lanjut Bu Mang, setelah mengikuti kuliah umum ini, mahasiswa Pendidikan Matematika bisa mengimplementasikan kurikulum 2013 di sekolah serta bisa mempersiapkan lulusanya sehingga siap terjun ke dunia pendidikan.

Tampak hadir dalam kuliah umum kali ini Wakil Dekan I Fakultas Pendidikan Mipa Drs I Wayan Sudiarsa M.Si, Wakil Dekan II, N Putri Sumaryani S.P. M.MA, Wakil Dekan III Edy Hermawan S.Pd S.com. M.T, ketua jurusan pendidikan Matematika Dr. I Wayan Eka Mahendra S.Pd M.Pd, ketua jurusan pendidikan Biologi Drs I Nengah Sukawidana M.Si, para dosen di lingkungan Pendidikan Matematika serta mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bali.

Hadir sebagai pembicara dalam kuliah umum kali ini dari pihak Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali, Dr I Wayan Surata S.Pd M.Pd. Dalam paparanya Wayan Surata mengatakan bahwa kurikulum 2013 seharusnya tidak perlu diperdebatkan lagi, karena sudah hampir empat tahun dijalankan.

“Kurikulum 2013 itu, seharusnya tidak perlu diperdebatkan lagi karena sudah hampir empat tahun dijalankan” Ucap Wayan.

Wayan juga menambahkan bahwa idealnya tahun 2018 nanti semua sekolah sudah menerapkan kurikulum 2013.

Sementara Itu, terkait peran guru dalam dunia pendidikan, Wayan mengatakan seharusnya guru ke sekolah itu tidak membawa beban tapi membawa senyum.

“guru juga seharusnya prepare nya di rumah semua hal yang terkait pembelajaran disiapkan di rumah” ucapnya.

Dirinya berharap jika dimungkinkan sebaiknya Bali ke depanya menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Kegiatan kuliah umum dengan tema Matematika, Guru dan Ujian Nasional tersebut dilanjutkan dengan kegiatan Forum Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Matematika, para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Ketua Jurusan Pendidikan Matematika Dr I Wayan Eka Mahendra S.Pd M.Pd mengatakan bahwa melalui forum komunikasi ini, mahasiswa Pendidikan Matematika bisa menyampaikan hal-hal apa saja terkait keluha atau masukanya selama mengikuti kuliah.

“melalui forum komunikasi ini para mahasiswa, bisa menyampaikan keluhan atau masukan-masukanya terkait hal-hal apa saja selama kuliah” ujarnya.

Berikan Komentar