Manfaatkan Dana Hibah, Tingkatkan Kualitas Lembaga

workshop

Kesibukan mengejar seringkali dijadikan alasan bagi para dosen yang enggan melakukan penelitian. Padahal , pemerintah mengalokasikan dana hibah yang cukup besar untuk penelitian dosen. Untuk itu, dosen diharapkan lebih aktif mengadakan penelitian. Sebab hal itu adalah fitrah dosen sebagai akademisi.
Hal ini mengemuka dalam “Workshop Penulisan Buku Ajar, Proposal Penelitian dan Pengabdan Bagi MasyarakatSerta Luaran Bereputasi” yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) ikip pgri Bali, bertempat di Auditorium Redha Gunawan IKIP PGRI Bali, dan berlangsung dari 18-19 Maret 2016.
Ketua LP2M IKIP PGRI Bali Dr. I Made Darmada, M.Pd. menyebutkan, tujuan workshop yang dihadiri oleh 131 peserta ini untuk membekali para dosen dengan pengetahuan dan keterampilan penguasaan penulisan proposal penelitian, pengabdian bagi masyarakat dan penulisan buku ajar serta luaran bereputasi. “Selain itu, menumbuhkan dan meningkatkan motivasi para dosen untuk meneliti sehingga budaya penelitian, pengabdian, bagi masyarakat dan membuat buku ajar sebagai pengembangan pembelajaran dan juga meningkatkan jumlah proposal penelitian daan penulisan buku ajar yang diajukan setiap tahunnya,”kata Darmada usai kegiatan workshop di Denpasar.
Rektor IKIP PGRI bali, Dr. I Made Suarta, SH., M.Hum. dalam sambutannya mengatakan dosen tak lepas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mengharuskan merekan mengadakan penelitian “Maju dan mundurnya universitas tergantung dari dosen. Jika dosen aktif melakukan penelitian tentu akan bermuara pada kualitas lembaga. Untuk itu, dengan kegiatan workshop ini kami harapkan bisa meningkatkan minat dan kemampuan para dosen dalam pene;itian,”ujarnya.
Lebih lanjut dijelaskan, banyaknya dana hibah dari pemerintah merupakan peluang yang harus dimanfaaatkan sebaik-baiknya. “Dalam penelitian desentralisasi jika lolos dana hibah mendapat minimal 50 juta rupiah. Oleh karena itu rebut dana ini karena selain bisa meningkatkan kualitas diri juga kualitas lembaga dan peringkat IKIP PGRI bali akan meningkat,”pungkasnya.

Berikan Komentar