Kunjungan Konsulat Jenderal India ke IKIP PGRI Bali

IKIP PGRI Bali memiliki 5 fakultas, termasuk Fakultas Olahraga, Fakultas ini begitu popular di kalangan mahasiswa Bali. Kampus IKIP PGRI Bali juga memiliki lebih dari 120 siswa terlati dalam Kabaddi dan juga memiliki satu tim Kabaddi yang selalu siap berpartisipasi dalam pertandingan local, nasional dan internasional, dan khususnya ikut pertandinagn india.
Hal tersebut dikatakan Konsulat Jenderal India, Mr. AS Atkhi yang didampingi Wakil Ketua KONI Bali IB Antara ketika melakukan kunjungan ke IKIP PGRI Bali dalam membahas kegiatan Kolaborasi dengan Ketua Yayasan IKIP PGRI Bali Drs. I Gusti Bagus Arthanegara, SH., MH., M.Pd. yang di damping oleh Rektor IKIP PGRI Bali Dr. I Made Suarta, SH., M.Hum.
Mr AS Takhi dalam kunjungannya ke IKIP PGRI Bali juga mambahas kemajuan dan perkembangan dunia pendidikan. Dikatakan, nantinya kedutaan besar India berencana menawarkan bantuan ke IKIP PGRI Bali dalam mengembangkan SDM dunia pendidikan lewat memberikan konstribusi berupa sejumlah buku tentang demokrasi, perdamaian, pengembangan, tata pemerintahan yang baik, anti kekerasan, Ramayana, Mahabrata, biografi Mahatma Gandhi yang ditulis langsung oleh penulis India.
Kedutaan besar India juga berencana memberikan program bantuan beasiswa bagi para pekerja, siswa, guru, dosen dan professor tidak hanya di IKIP PGRI Bali, namun juga di universias Indonesia. “Lewat kerjasama ini, ke depan SDM dunia pendidikan diharapkan mampu mengembangkan diri, terutama generasi muda, untuk bisa menentukan arah Asia dan dunia pada abad ke-21,”terangnya.
Dikatakan, Kedutaan Besar India melakukan kerjasama ini karena Negara India dengan Indonesia memiliki hubungan yang begitu special, baik dalam hubungan pikiran, hati, saling berusaha untuk mengembangkan perdamaian, kemakmuran rakyat dan masyarakat di dunia. “Kami juga berencana akan melakukan kerjasama lewat program pertukaran pelajar. Apalagi IKIP PGRI Bali kampus yang mencetak banyak calon guru professional dan memiliki segudang atlet berbakat, ssalah ssatunya tim Kabaddi yang selalu siap berpartissippasi dalam pertandingan local, nasional dan internasional, dan khususnya ikut pertandingan India,” jelas Mr AS Takhi.
Semntara itu, Ketua Yayasan Drs. I Gusti Bagus Arthanegara yang didampingi Rektor IKIP PGRI Bali Dr, I made Suartha, SH., M.Hum. mengatakan bahwa IKIP PGRI Bali sangat menyambut baik kunjungan Konsulat Jenderal India ini. “Selama ini IKIP PGRI Bali hanya baru melakukan kerjasama dalam negeri yaitu dengan Universitas Surabaya dan Universitas Semarang,”ujar Arthanegara.
Sebenarnya, menurut Arthanegara, IKIP PGRI Bali menupakan Perguruan Tinggi yang telah banyak mencetak calon guru professional, bahkan juga memiliki segudang atlet prestasi dan segudang kesenian.” IKIP PGRI Bali juga telah diakui oleh pemerintah melalui BAN PT yang sema program studi (prodi) di IKIP PGRI Bali terakreditasi B.”jelasnya.
Arthanegara berharap, kerjasama IKIP PGRI Bali dengan Kedutaan Besar India terkait program pertukaran pelajar dan kerjasama lainnya ini bisa memajukan Kampus IKIP PGRI Bali yang lebih baik. Hal senada juga disampaikan oleh Rektor IKIP PGRI Bali Dr. I Made Suarta, SH., M.Hum. yaitu keinginan utama adalah untuk tetap selalu memajukan SDM dunia pendidikan di IKIP PGRI Bali. “Kami sangat menyambut baik kerjasama Konsulat Jenderal India, tidak hanya pendidikan secara formal namun nonformal,”pungkasnya.

(Renon; 2014)

Berikan Komentar