Istri Gubernur Bali, Wayan Koster, Putu Putri Suastini Membuka Lomba Bulan Bahasa Bali di IKIP PGRI Bali

23-38-22-IMG-20190223-WA0049

Istri Gubernur Bali, Wayan Koster, sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Putri Koster, menghimbau agar jangan gensi dan malu menggunakan bahasa Bali dalam keseharian.

Hal tersebut dikatakan Putri Koster saat membuka lomba Bulan Bahasa Bali yang diadakan IKIP PGRI Bali, di Lantai IV, Aula Serba Guna FPBS, Sabtu (23/2/2019).

“Ayo kita bangga mempergunakan bahasa Bali. Contoh negara-negara lain yang bangga menggunakan bahasanya sendiri seperti Jepang dan juga Korea. Lalu kita kenapa tidak? Kita harus bangga mengunakan bahasa Bali,” ajaknya.

Putri Koster mengatakan, ke depan semua kegiatan berbahasa Bali diharapkan semakin ditingkatkan. Karena gejala-gejala “degradasi” bahasa Bali sudah terasa. Untuk itu diperlukan upaya bahasa Bali tersebut bisa bertumbuh kembang.

“Kita harus menumbuh kembangkan sejak dini yang dimulai dari keluarga di rumah untuk membiasakan diri berbahasa Bali, sehingga tumbuh kesadaran dan bangga kalau berbicara sama orang menggunakan bahasa Bali alus,” katanya.

Dalam acara tersebut, Putri Koster juga menyempatkan diri menyanyikan lagu bali berjudul Raja Pala, dan setelah itu membacakan puisi berjudul Sampian Emas karya Nala Antara.

Sumber:Kilas Bali

Berikan Komentar