IKIP PGRI Bali Gelar Workshop Komunikasi Interpersonal

Untuk menciptakan komunikasi yang tidak membosankan dan tidak terjadi miskomunikasi, maka IKIP PGRI Bali menggelar Workshop,” Komunikasi Interpersonal”. Workshop yang akan berlangsung selama 2 hari ini, dibuka Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Suarta, S.H., M.Hum. diikuti mahasiswa serta BEM dan diadakan langsung di Gedung Redha Gunawan.
Hadir pada workshop asi interpersonal, Ketua YP3LPK IKIP PGRI Bali, Drs. IGB Arthanegara, S.H., M.Pd., MH., Sekertaris , I Gst Gede Oka, SH, Pembina, Drs. Dewa Putu Tengah, Pembantu Rektor (PR) I, Pande Wayan Bawa, M.Si. serta sejumlah dekan dan dosen IKIP PGRI Bali. Pemakalah pada workshop tersebut, Amanda Pasca Rini dengan Judul makalah, “Komunikasi Interpersonal”.
Suarta meenginggatkan kepada mahasiswa agar jangan menjadi komunikator yang pasif, dan jangan mengucapkan kalimat yang sama dalam berkomunikasi. Setiap perubahan waktu, kalau bisa komunikasi pun ikut berubah. Oleh karena itu mahasiswa harus pula memahami tentang intensitas dan frekuensi tentang berkomunikasi, sehingga menjadi komunikator yang dinamis dalam berkomunikasi.
Ketika mahasiswa memiliki masalah agar sampaikan atau berkomunikasi kepada dosen agar jangan tidak terpendam, sehingga dapat mencari solusinya. Bila miskomunikasi, bisa mengakibatkan saling ketersinggungan dan dampaknya bisa menjurus ke hal-hal yang tidak diinginkan, ujar Suarta. Untuk berkomunikasi yang baik, maka mahasiswa diharapkan dapat mengikuti workshop ini dengan sebaik-baiknya, agar dapat diterapkan baik dikampus maupun di masyarakat. Workshop bertepatan dengan peringatan Hari Ibu, maka kepada pemakalah Amanda Passca Rini dihadiahilah bunga.
Sementara itu Pemakalah Amanda Pasca Rini dalam makalahnya antara lain mengetengahkan tentang manusia sebagai makhluk sosial atau individu yakni manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain dan sebagai makhluk individual unik, dan kepribadian yang berbeda (individual differences). Yang perlu diperhatikan yakni situasi sosial terdiri dari stimulus sosial dan interaksi sosial. Dikatakan pula, komunikasi merupakan hal yang penting dalam mengembangkan relasi interpersonal.
Proses komunikasi interpersonal yakni proses menerima, mengolah, menyimpan, dan meliputi proses sensasi, persepsi, memori berpikir. Persepsi dan komunikasi adalah, persepsi interpersonal sangat berpengaruh pada komunikasi interpersonal maupun hubungan interpersonal. Kecermatan persepsi interpersonal akan meningkatkan kualitas komunikasi interpersonal, demikian dipaparkan Pasca Rini.

(Fajar Bali ; 2014)

Berikan Komentar