I Gusti Ngurah Oka – Benahi Tampilan Kesenian

Pada umumnya masyarakat Bali sudah memiliki banyak jenis kesenian, dari seni ukir, seni tari, sampai seni lukis. Selain itu, masyarakat Bali juga selalu menjaga keindahan alam yang kini bisa menjadi objek wisata yang begitu favorit untuk dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun domestik.
Hal tersebut dikatakan oleh sekertaris Yayasan IKIP PGRI Bali, I Gusti Ngurah Oka. Dikatakan, belakangan ini kesenian di Bali mulaimenurun perkembangannya akibat globalisasi dan tuntutan ekonomi. “Contohnya, Pesta Kesenian Bali (PKB) yang diadakan sebulan penuh. Bila disimak secara mendalam, sifatnya berpengaruh pada tuntutan ekonomi semata, bukan bukan akan terus dikatakan PKB menoton yang sifatnya hanya berpengaruh pada tuntutan ekonomi semata,”terangya.
Agar perkembangan kesenian tetap memiliki nilai dan kualitas baik. Menurut Ngurah Oka, maka tampilan kesenian mesti lebih dibenahi. “Bikinlah kesenian itu seakan akan hidup dan bisa menjadi daya tarik. Intinya, bahwa setiap kesenian yang akan ditampilkan harus memiliki suatu nuansa yang berbeda dari biasanya,” jelasnya seraya menambahkan, setiap pimpinan ataupun tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten/Kota di Bali agar selalu memberikan dukungan demi memajukan kesenian. “Seorang pemimpin atau tokoh masyarakat harus terus bisa mengajak generasi muda untuk lebih menekuni dunia seni,”pesannya.


(2014;Renon)

Berikan Komentar