Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan

Program Studi Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan merupakan salah satu Program Studi yang berada di bawah naungan Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI yang didirikan tanggal 25 Agustus 1983 oleh Yayasan Pembinaan Lembaga Pendidikan PT IKIP. PGRI Bali sebagai Badan Hukum penyelenggara. Program Studi Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan berstatus terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0358/0/1986 tertanggal 22 Januari 1988.

Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI, khususnya Program Studi Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan , telah banyak memberikan lulusan yang berkwalitas bagi pengguna, buktinya banyak alumni yang bekerja pada sektor formal atau pada instansi pemerintah sebagai tenaga pendidik. Banyak alumni Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan yang menduduki jabatan di Sekolah maupun dalam perusahaan-perusahaan swasta saat ini. Ini dapat dipakai sebagai bukti bahwa kuwalitas lulusan Program Studi Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI masih diperhitungkan bagi pengguna tenaga kerja.

Visi

“Memiliki keunggulan daya saing dalam menyiapkan calon guru Olah Raga dan Kesehatan yang profesional serta memiliki integritas tinggi sebagai warga negara Indonesia”.

Misi

  1. Menghasilkan guru Olah Raga dan Kesehatan yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa;
  2. Membangun karakter guru Olah Raga dan Kesehatan yang memiliki wawasan kebangsaan;
  3. Menyiapkan tanaga guru Olah Raga dan Kesehatan yang siap mandiri dan bersaing pada era kesejagatan (global);
  4. Mendidik tenaga guru yang menguasai prinsip dan teknologi pembelajaran Olah Raga dan Kesehatan.
  5. Menyiapkan tenaga guru Olah Raga dan Kesehatan yang memiliki wawasan linguistik dan wawasan kesastraan yang memadai sebagai landasan pembelajaran Olah Raga dan Kesehatan;
  6. Menyiapkan tenaga guru Olah Raga dan Kesehatan yang dapat melakukan tugas-tugas frofesional secara proporsional dan bertanggung jawab.
  7. Mendidik tenaga guru Olah Raga dan Kesehatan yang dapat melakukan penelitian sebagai media pengembangan diri dan pengetahuan ilmiah.
  8. Menyiapkan tenaga guru Olah Raga dan Kesehatan yang siap membantu membangun masyarakat Indonesia sesuai bidang ilmu yang ditekuninya.

Keunggulan

Meskipun hampir 65% kegiatan perkuliahan di setiap jurusan menampilkan praktik olahraga, yang diajarkan tentu bukan semata mata keterampilan berolahraga. Akan tetapi, di dalamnya termasuk penguasaan teori dan prinsip-prinsip mekanika gerak yang mendukung pelaksanaan setiap cabor yang dipelajari. Bahkan beberapa mata kuliah memberikan dasar-dasar dan pendalaman keilmuan olahraga proses pendidikan di FPOK bukan untuk menjadikan semua mahasiswa kampiun pada cabang olahraga yang digelutinya, tetapi memberikan bekal agar semua mahasiswa memiliki pengalaman praktis dalam banyak cabor sebagai bekal dalam menjalankan profesi keolahragaannya.

Beberapa cabang olahraga yang umumnya digeluti oleh mahasiswa FPOK banyak menghasilkan atlet-atlet kaliber nasional di antaranya adalah cabang Atletik, Karate, Judo, Pencak Silat, Basket, serta Voli. Prestasi yang diukir pun sangat membanggakan, karena banyak mahasiswa FPOK yang menjadi andalan dalam tim  PON, SEA Games, bahkan Asian Games. Termasuk dalam SEA Games XXIV 2011 di Palembang  yang baru lalu, beberapa mahasiswa FPOK berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan menyumbang medali emas bagi kontingen Indonesia. Bahkan dalam PON XVII . 2008 di Kaltim, banyak sekali mahasiswa FPOK yang telah dan akan menjadi tulang punggung masing-masing daerahnya, karena mereka memang berasal pula dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Nama FPOK IKIP PGRI Bali mulai berkibar sejak tahun 2007 lalu, saat itu pimpinan FPOK Drs. Anak Agung Gede Ardana M.For. melakukan gebrakan pengembangan sayap ke berbagai sentra-sentra kegiatan olah raga dimana melibatkan mahasiswa dalam berbagai event olah raga di daerah seperti Bali 10 K, kegiatan Porprov Bali dan Porseni Bali. Dampak keterlibatan mahasiswa dalam event event tadi, cukup memberikan nilai plus bagi FPOK IKIP PGRI Bali, dimana FPOK IKIP PGRI Bali, dalam event Asian Beach Games telah mewakili Indonesia di cabang KABBADI. Dalam dua kali event itu, FPOK IKIP PGRI Bali telah menorehkan tintas emas bagi Indonesia dengan merebut medali perak pada ABG I di Bali (tahun 2008) dan ABG II di Oman (tahun 2010) mewakili Negara.

Tenaga Dosen

Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Bali memiliki dosen sejumlah 38 orang terdiri dari S2 sebanyak 11 orang dan dosen S1 27 orang sedangkan sebanyak 6 orang melanjutkan ke S2 di Universitas Udayana jurusan Fisiologi olahraga.

Fasilitas

Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Bali memiliki 1 Aula serba guna yang dapat gunakan oleh mahasiswa untuk melaksanakan proses belajar mengajar praktek misalnya : bola voli, bulu tangkis, permaian bola kecil, sepak takraw, senam lantai, senam irama, silat dan karate, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Bali juga memiliki lab olahraga yang berisikan alat-alat untuk mengukur otot lengan, otot tungkai, kecepatan reaksi, togog, kekuatan otot dada dan lain sebagainya, untuk perkuliahan lapangan, FPOK memiliki kerjasama dengan KONI Pusat Provinsi Bali dan KONI Kabupaten Badung.

No.

Nama Kegiatan dan Waktu Penyelengaraan

Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional)

Prestasi yang dicapai

1. 1 st Garuda Bali Internasioanal Marathon November 09, 2008.

Inetrnasional

Juara III (Yohanes Seran)
2. HIPPOCRATES CUP XXI yang diselenggarakan oleh BEM Falkutas Kedokteran Universitas Udayana tanggal 7- 14 Maret 2009.

Lokal

Juara I Individual Skill ( Ari Hamzah Dwipayana)
3. HIPPOCRATES CUP XXI yang diselenggarakan oleh BEM Falkutas Kedokteran Universitas Udayana tanggal 7- 14 Maret 2009.

Lokal

Juara I  3 Point Contest  ( Ari Hamzah Dwipayana)
4. Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah Bali Tahun 30 April – 1 Mei 2009 di Universitas Pendidikan Ganesha

Lokal

Juara I Nomor Tanding Kelas D putra ( I Gede Kusuma Jaya)
5. Kejurnas Junior Bola Voli Indoor purta 12 juli- 19 juli 2009

Nasional

Rangking III ( team bola voli IKIP PGRI Bali)
6. Kejurnas Junior Bola Voli Pantai purta 12 juli- 19 juli 2009

Nasional

Juara III ( team bola voli IKIP PGRI Bali)
7. Kejuaraan Nasional Atletik Stadion Madya Senayan Jakarta 29 Juli- 1 Agustus 2009

Nasional

Juara II lompat Jangkit ( I Made Sukariata)
8. Internasional Bali 10 K  9 Agustus 2009

Internasional

Juara II (Yohanes Seran)
9. PORPROV Bali IX tanggal 9 – 16 september 2009

Lokal

Juara I jalan Cepat 10 km ( Yohanes Seran)
10. PORPROV Bali IX tanggal 9 – 16 september 2009

Regional

Juara III Atletik 5000 M ( Thomas Baitanu)
11. PORPROV Bali IX tanggal 9 – 16 september 2009

Regional

Juara I Atletik 10.000 M (Thomas Baitanu)
12. PORPROV Bali IX tanggal 9 – 16 september 2009

Regional

Juara II Atletik ( I Made Sukarianta)
13. Pomnas XI sumatera  Selatan 10- 16 oktober 2009

Nasional

Juara III Kelas B ( Ni Made Leoni Agustini)
14. Garuda Indonesia Bali Internasional Maratho 18 Oktober 2009

Internasional

Juara III ( Yohanes Seran)
15. Pekan Olahraga Pelajar Nasional X /2009 Daerah Istimewa Yogyakarta 2-11 November 2009

Nasional

Juara III Pancak Silat Tunggal Putri ( Restu Wahyuning Manggari)

 

16. 25 tahun SEA GAMES LAOS VIENTIANE 2009, 9-18 Desember 2009

Internasional

Medali Bronze Triple Jump Women (Ms. Maria Natalia)
17. 25 tahun SEA GAMES LAOS VIENTIANE 2009, 9-18 Desember 2009

Internasional

Medali Bronze Long Jump Women (Ms. Maria Natalia)
18. Kejurnas Pencak Silat antar Perguruan Tinggi Se-Bali 22-24 Desember 2009 Nasional Juara I Kelas A Putri ( Ni Made Suastiari )
19. AKFAR FUTSAL COMPTETISION I Lokal Juara I ( Team Futsal IKIP PGRI Bali )
20. Kejuaraan Pencak Silat antar Perguruan Tinggi Se-Bali tahun 2009 Lokal Juara I Kelas B ( Ni Made Leoni Agustini )
21. Kejuaraan Pencak Silat Wali Kota Cup antar aliran silat sekota Denpasar Regional Juara I Kelas A Putri ( Ni Made Suastiari )
22. Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah Bali Tahun 2009 Lokal Juara I Kelas D Putra ( I Gede Kusuma Jaya )
23. Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah Bali Tahun 2009 Lokal Juara I Kelas B ( Ni Made Leoni Agustini )
24. PORPROV Bali IX Tahun 2009 Lokal Juara II kelas B Pencak Silat ( Ni Made Leoni Agustini )
25. Kejuaraan Gubernur Cup VII PSPS Bakti Negara Tahun 2010 Bandung 28 – 31 Januari 2010 Lokal Juara I Kelas D Putri Senior ( Ni Wayan Mudastri )
26. Kejurnas Nasional Atletik Jakarta 4-7 Agustus 2010, Stadion Madya Senanyan Jakarta Nasional Juara I Lompat Jauh ( Maria Natalia Londa )
27. Kejurnas Nasional Atletik Jakarta 4-7 Agustus 2010, Stadion Madya Senanyan Jakarta Nasional Juara I Lompat Jangkit ( Maria Natalia Londa)
28. Kejuaraan Pencak Silat antar Aliran Piala Walikota Denpasar, 6 september 2010 Lokal Juara III Kelas B Putri ( Putu Suryaningsih )
29. Kejuaraan Pencak Silat Walikota Cup antar Aliran Sekota Denpasar, 3 – 5 September 2010 Lokal Juara I Seni Tunggal Putri ( Restu Wahyuning. M)
30. STMIK- STIKOM Bali Basketball Cup Tahun 2011, GOR Ngurah Rai Denpasar, 10-15 & 17 Oktober 2010 Lokal Juara I Three Point Contest Putra ( Ari Hamzah Dwipayana )
31. The 15Th Asean University Games, Thailand 15 – 23 Desember 2010 Internasional Juara I Lompat Jauh ( Maria Natalia Londa )
32. The 15Th Asean University Games, Thailand 15 – 23 Desember 2010 Internasional Juara I Lompat Jangkit ( Maria Natalia Londa )
33. ASEAN ALL STAR 2010 Internasional Peringkat IV Lompat Jangkit ( Maria Natalia Londa)
34. Kejuaraan Nasional JUDO Senior 2010 Nasional Juara II Ju No Kata ( Wiwik Nurhayati )
35. Kejuaraan JUDO Kelompok Umur Provinsi Bali, 8 – 9 Januari 2011 Lokal Juara II Kelas 45 s/d 48 Putri Kelompok Umur 16-19 tahun
36. Kejurnas Pencak Silat Satria Muda Indonesia IV, Denpasar 14 – 18 Februari 2011 Lokal Juara II Kelas D Putra ( I Gede Kusuma Jaya)
37. Kejuaraan Nasional Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia IV, GOR Lila Bhuana 14-18 Februari 2011 Lokal Juara II Kelas D Putra Dewasa ( Gede Kusuma Jaya)
38. Kejurnas Judo Senior Dan Junior Se-Bali “PIALA WALIKOTA Denpasar 2011” Tanggal 24 s/d 27 Februari 2011 GOR Lila Bhuana Lokal Juara III (Senior) Kelas diatas 78 Kg Putri (Fanisa Febrina Wahyuni)
39. Kejurnas karate terbuka Se-Kota Denpasar Piala Walikota Denpasar 19-20 Februari 2011 Lokal Juara I Kumite Senior Kelas +60 Kg ( Sayu Purnama Sari)
40. Kejurnas karate terbuka Se-Kota Denpasar Piala Walikota Denpasar 19-20 Februari 2011 Lokal Juara I KATA Perorangan Putri Senior ( Sayu Purnama Sari)
41. Kejuaraan Nasional Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia IV, 14-18 Februari 2011 Lila Bhuana Denpasar Lokal Pelatih ( I Ketut Sulendra)
42. JATIM Terbuka, Jatim 29-31 Maret 2011 Nasional Juara I Lompat Jangkit ( I Made Sukariata)
43. JATIM Terbuka, Jatim 29-31 Maret 2011 Nasional Juara I Lompat Jauh ( Maria Natalia Londa)
44. JATIM Terbuka, Jatim 29-31 Maret 2011 Nasional Juara I Lompat Jangkit (Maria Natalia Londa)
45. Kejuaraan Daerah Atletik antar Klub JATIM TERBUKA 2011 29-31 Di Lapangan Atletik OENTOENGNPOEDJADI FIK UNESA Nasional Juara II Estafet 4 x 400 M Putri ( Ni Nyoman Kerni)
46. Kejuaraan Daerah Atletik antar Klub JATIM TERBUKA 2011 29-31 Di Lapangan Atletik OENTOENGNPOEDJADI FIK UNESA Nasional Juara II Estafet 4 x 400 M Putri ( Ni Nyoman Arsiani)
47. Taiwan Open Championships, Kaohsiung 27-28 Mei 2011 Internasional Juara I Lompat Jauh  ( Maria Natalia Londa)
48. Kejurnas JUDO Senior dan Junior Kartika CUP IV Tahun 2011, Malang 13-15 Mei 2011 Nasional Juara II NO KATA ( Wiwik Nurhayati)
49. Kejuaraan Nasional Atletik 2011 Stadion Madya Senayan Jakarta,29 Juni – 02 Juli 2011 Nasional Juara III Estafet 4 x 400 M Putri ( Ni Nyoman Kerni)
50. Kejuaraan Nasional Atletik 2011 Stadion Madya Senayan Jakarta,29 Juni – 02 Juli 2011 Nasional Juara III Estafet 4 x 400 M Putri ( Ni Nyoman Arsiani)
51. The 2nd WVVF World Vovinam Championships Vietnam, Juli 27-31,2011 Internasional Juara II Wonam Weapon Double ( Luh Gede Arista Dewi)
52. The 2nd WVVF World Vovinam Championships Vietnam, Juli 27-31,2011 Internasional Juara I Weapon Double ( I Putu Ruwita)
53. The 2nd WVVF World Vovinam Championships Vietnam, Juli 27-31,2011 Internasional Juara II Fighting 48 Kg Female (Dewik Puji Astutik)
54. The 2nd WVVF World Vovinam Championships Vietnam, Juli 27-31,2011 Internasional Juara III Kata Performance ( Anak Agung Eni Khusmayanthi, S.Pd)
55. PORPROV X ,Jembrana Bali 9-15 September 2011 Regional Juara II Lompat Jauh (I Made Sukarianta)
56. POMNAS XII Kepulauan Riau 2011 Nasional Juara I Lompat Jauh ( I Made Sukarianta)
57. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Regional Juara I Lompat Jangkit (I Made Sukariata)
58. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Lokal Juara I Lari 100 M Putri ( Ni Nyoman Kerni)
59. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Lokal Juara I Lari 200 M Putri ( Ni Nyoman Kerni)
60. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Lokal Juara I Estafet 4 X 400 M Putri ( Ni Nyoman Kerni)
61. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Badung, 9-15 September 2011 Lokal Juara II Lari 100 M Putri ( Ni Nyoman Kerni)
62. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Badung, 9-15 September 2011 Lokal Juara II Estafet 4 X 400 M  Putri ( Ni Nyoman Kerni)
63. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Badung, 9-15 September 2011 Lokal Juara I Estafet 4 X 400 M  Putri ( Ni Nyoman Kerni)
64. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Badung, 9-15 September 2011 Lokal Juara II Lari 200 M Putri ( Ni Nyoman Kerni)
65. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Lokal Juara II Lari 400 M Putri ( Ni Nyoman Arsiani)
66. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Lokal Juara III Lari 800 M Putri ( Ni Nyoman Arsiani)
67. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Lokal Juara III Estafet 4 X 400 M Putri ( Ni Nyoman Arsiani)
68. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Lokal Juara II Estafet 4 X 400 M Putri ( Ni Nyoman Arsiani)
69. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Badung, 9-15 September 2011 Lokal Juara III Lari 800 M Putri (Ni Nyoman Arsiani)
70. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Badung, 9-15 September 2011 Lokal Juara II Estafet 4 X 400 M Putri (Ni Nyoman Arsiani)
71. PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Lokal Juara II kelas 48 s/d 52 Putri (Wiwik Nurhayati)
72 Kejuaraan Nasional JUDO Wismoyo Cup VII Tahun 2011, Jakarta,24-25 September 2011 Nasional Juara III Kelas 52 Putri (Wiwi Nurhayati)
73 PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Lokal Juara I JUDO Beregu Putri (Wiwik Nurhayati)

 

74 PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Lokal Juara III Judo kelas diatas 78 kg (Fanisa Febrina Wahyuni)
75 PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Lokal Juara I Beregu Putri Judo (Fanisa Febrina Wahyuni)
76 PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Lokal Juara III Ganda Putri Pencak Silat (Ni Nengah Suyastini)
77 PORPROV Bali X 2011 Di Kabupaten Jembrana, 9-15 September 2011 Lokal Juara 2 Seni Regu Putri (Kadek Yuni Hendriyani)
78 PORPROV Bali X 2011 di Kabupaten Jembrana,  9-15 September 2011 Lokal Juara III Cabang Olahraga Pencak Silat ( I Gede Kesuma Wijaya)
79 The 1 SEA VOVINAM  CHAMPIONSHIP 2011 Cambodia 13-15 Oktober 2011 Internasional Juara III Fighting 65 kg Male ( I Gede Kesuma Wijaya)
80 The 1 SEA VOVINAM CHAMPIONSHIP 2011 Cambodia 13-15 Oktober 2011 Internasional Juara III Performance (I Gede Kusuma Wijaya)
81 The 1 SEA VOVINAM CHAMPIONSHIP 2011 Cambodia 13-15 Oktober 2011 Internasional Juara I Wonam Weapon Double (Luh Gede Arista Dewi)
82. The 1 SEA VOVINAM CHAMPIONSHIP 2011 Cambodia 13-15 Oktober 2011 Internasional Juara ! Man’s Attacking By Leg (Dewa Made Juni Artana)
83. The 1 SEA VOVINAM CHAMPIONSHIP 2011 Internasional Juara III Weapon Double (I Putu Ruwita)
84. Kompotisi “ Bola Voli 2011” SWC Cup V Tahun 2011, 22-23 Oktober 2011 Lokal Juara III (Team Bola Voli IKIP PGRI Bali)
85. PORSENINAS SURABAYA,1-6 Oktober 2011 Nasional Juara Umum II
86. LIGA PENDIDIKAN INDONESIA Lokal Juara I wilayah Provinsi Bali (Team Sepak Bola IKIP PGRI Bali)
87. The 1 SEA VOVINAM CHAMPIONSHIP 2011 Cambodia 13-15 Oktober 2011 Internasional Juara I Wonam Self Defense (I Ketut Sulendra)
88. The 1 SEA VOVINAM CHAMPIONSHIP 2011 Cambodia 13-15 Oktober 2011 Internasional Juara III Fighting 50 kg Female (Dewik Puji Astutik)
89. The 1 SEA VOVINAM CHAMPIONSHIP 2011 Internasional Juara I Wonan Self Defense (Anak Agung Eni Khusmayanthi, S.Pd)
90. SEA GAMES Indonesia 2011 Jakarta-Palembang November 11-22 Internasional Juara I Woman Weapon Double (Luh Gede Arista Dewi)
91. SEA GAMES Indonesia 2011 Jakarta_Palembang November 11-22 Internasional Juara III Man’s Attacking By Leg (Dewa Made Juni Artana)
92. SEA GAMES Indonesia 2011 Jakarta_Palembang November 11-22 Internasional Juara III Weapon Double ( I Putu Ruwita)
93. SEA GAMES Indonesia 2011 Jakarta_Palembang November 11-22 Internasional Juara I Wonam Self Defense ( I Ketut Sulendra)
94. SEA GAMES Indonesia 2011 Jakarta_Palembang November 11-22 Internasional Juara III Vovinam Ngu Mon Quyen Singel Men ( I Made Pranaym)
95. SEA GAMES Indonesia 2011 Jakarta_Palembang November 11-22 Internasional Juara II Fighting ( Dewik Puji Astutik)
96. SEA GAMES Indonesia 2011 Jakarta_Palembang November 11-22 Internasional Juara I Wonan Self Defense ( Anak Agung Eni Khusmayanthi, S.Pd)
97. Kejurda SOFTBALL Putra HIDEKI CUP V Antar Pelajar Se-Bali Tahun 2011 Lokal Juara III ( Team Softball IKIP PGRI Bali)
98.