Fakultas Ilmu Pendidikan

Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Bali berdiri sejak tahun 1983. Pada saat itu memiliki dua jurusan yaitu “Bimbingan dan Penyuluhan” (BP) dan PLS. Seiring dengan perkembangan di bidang psikologi kemudian pada tahun 1987 jurusan Bimbingan dan Penyuluhan berganti nama menjadi jurusan “Psikologi Pendidikan dan Bimbingan”. Mulai tahun 1997 jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan berganti nama lagi sesuai dengan bidang bimbingan dan istilah konseling memiliki makna unik, maka istilah penyuluhan ditinggalkan dan diganti dengan istilah konseling. Dengan demikian, sejak tahun 1997 sampai sekarang jurusan “Bimbingan dan Konseling” tidak mengalami perubahan lagi.

FIP. IKIP PGRI BALI, memiliki program studi Bimbingan Konseling

Tenaga Dosen

  • FIP.IKIP PGRI Bali saat ini memiliki 18 orang Dosen Negeri, yaitu memiliki 1 (satu) orang tenaga Dosen Negeri bergelar Doktor; 3 (tiga) orang Dosen Negeri sedang menyelesaikan studi S3; 12 ( dua belas) orang tenaga Dosen Negeri bergelar Magister; 1 (satu) orang Dosen Negeri sedang menyelesaikan studi S2; dan 1 (satu) orang tenaga Dosen Negeri belum menyelesaikan studi S2.
  • Dosen Yayasan (YPLP) PT IKIP PGRI Bali yang dipekerjakan di FIP IKIP PGRI Bali memiliki 15 (lima belas) orang tenaga Dosen Yayasan, yaitu memiliki 7 (tujuh) orang tenaga Dosen Yayasan bergelar Magister, dan 8 (delapan) orang tenaga Dosen Yayasan belum menyelesaikan studi S2,

Visi

Jurusan BK FIP- IKIP PGRI Bali adalah: menyiapkan dan membentuk guru pembimbing (konselor) yang professional, mandiri, santun, bernuansa teknologi (ICT), dan berwawasan budaya.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berlandaskan falsafah belajar sepanjang hayat (lifelong learning).
  • Melakukan survey terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat sebagai bukti kepedulian terhadap pemecahan masalah social.
  • Melaksanakan Pengabdian pada Masyarakat sebagai wujud pengenalan profesi Konselor di tengah-tengah masyarakat.

Tujuan Jurusan BK FIP. IKIP PGRI Bali

  • Meningkatkan prestasi akademik mahasiswa,
  • Mengembangkan wawasan mahasiswa melalui Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM),
  • Mengembangkan wawasan mahasiswa dalam bermasyarakat melalui PKL,
  • Menjadikan dosen-dosen jurusan BK memiliki wawasan global dalam mengantarkan mahasiswa berprestasi, berbudaya, berkepribadian, dan bermasyarakat.

Standar Kompetensi Lulusan Prodi Bimbingan dan Konseling

Lulusan Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP IKIP PGRI Bali, diharapkan dapat memenuhi standar kompetensi yaitu: kompetensi Pedagogik, kompetensi Kepribadian, kompetensi Profesional, dan kompetensi Sosial.

  • Memiliki kemampuan penguasaan konsep dan praksis pendidikan
  • Memiliki kesadaran dan komitmen etika professional
  • Penguasaan terhadap konsep prilaku dan perkembangan individu
  • Penguasaan konsep dan praksis assismen
  • Penguasaan konsep dan praksis bimbingan dan konseling
  • Memiliki kemampuan pengelolaan program bimbingan dan konseling
  • Penguasaan konsep dan praksis riset dalam bimbingan dan konseling

Mata Kuliah Pilihan :

  1. Konseling Anak Berkebutuhan Khusus
  2. Bimbingan dan Konseling di PENDAS
  3. Konseling Keterampilan Hidup (Life Skills Counseling)
  4. Konseling Narkoba dan HIV/AIDS

Kelengkapan Sarana dan Prasarana

  • Satu Unit Ruang Staf Dekan, Pembantu Dekan I, II, III dan Kaprodi BK.
  • Satu Unit Ruang Dosen dan Perpustakaan FIP IKIP PGRI Bali
  • Satu Unit Ruang UPT Laboratorium BK.
  • Satu Unit Ruang Laboratorium Micro Teaching.
  • Satu Unit Ruang Praktik Komputer
  • Sepuluh Unit Ruang Perkuliahan Mahasiswa BK.

Keunggulan

  • Pertama, FIP-IKIP PGRI Bali saat ini memiliki 18 orang Dosen Negeri, yaitu 15 orang berkualifikasi S-2; 1 orang berkualifikasi S-3; dan 2 orang berkualifikasi S-1.
  • Kedua, FIP-IKIP PGRI Bali memiliki satu unit fasilitas perkantoran dan perpustakaan FIP, satu unit ruang untuk dosen, 10 unit ruang perkuliahan, satu unit ruang olah raga dan kesenian, satu unit ruang laboratorium bimbingan konseling, satu unit ruang praktik komputer, dan ruang praktik Real Teaching, dan ruang pembelajaran lainnya.
  • Ketiga, FIP-IKIP PGRI memiliki kredibilitas yang sangat memadai sebagai penyelenggara pendidikan tinggi di bidang ilmu pendidikan. Hal ini didasarkan pada hasil akreditasi terhadap program studi BK. FIP-IKIP PGRI Bali telah terakreditisasi B berdasarkan Kep. BAN PT. Depdiknas Nomor: 018/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2007.
  • Keempat, peningkatan jumlah kemitraan MoU dengan PTN dan PTS; pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota; Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota; LSM; media cetak (Bali Post, Denpost, Radar Bali, dan Jawa post); media elektronik (TVRI, Bali TV); serta Sekolah Mitra di tingkat Kabupaten dan Kota (SMP Negeri dan Swasta, SMA/SMK Negeri dan swasta) akan meningkatkan keberagaman citra FIP-IKIP PGRI Bali.
  • Kelima, para dosen telah memenangkan penelitian tingkat Nasional, yaitu Penelitian Hibah Bersaing dua kali berturut-turut yang dibiayai oleh Ditjen Dikti Depdiknas yakni: cakupan tahun kesatu sesuai dengan surat perjanjian pelaksanaan Hibah Penelitian Nomor: 262/SP2H/PP/DP2M/III/ 2008 tanggal, 6 Maret 2008 dan cakupan tahun kedua sesuai dengan surat perjanjian pelaksanaan Hibah Penelitian Nomor: 122/SP2H/PP/DP2M/IV/ 2009 tanggal, 6 April 2009.
  • Keenam, para dosen telah menghasilkan karya ilmiah inovatif yang dipatenkan yakni: Hak Cipta “ Buku Pedoman – Model Layanan Bimbingan Keterampilan Hidup (Life Skills Counseling) Berlandaskan Tri Hita Karana” Nomor: C00201000872 dari Direktur Jendral HKI melalui Direktorat Hak Cipta, Desain Industri, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang di Jakarta.
  • Ketujuh, para dosen telah banyak menulis dalam Majalah Ilmiah “Widyadari” IKIP PGRI Bali (ISSN 1907-3232); Majalah Ilmiah “Dinamika Kebudayaan” UNUD (ISSN 1411-1608); Jurnal Nasional terakreditasi “Mudra Jurnal of Art and Cultural” (Terakreditasi B dari Dikti, sedang melaksanakan program jurnal Nasional terakreditasi menjadi jurnal Internasional tahap kedua (Nomor: 23/Dikti/Kep/2005).