Drs. Pande Wayan Bawa, M.Si – Terapkan TOT Mulai 2015

Penerapan Kurikulum 2013 berbasis KKNI di IKIP PGRI Bali sudah mulai. Kurikulum 2013 berbasis KKNI ini lebih mendorong dan memotifasi para mahasiswa dan dosen agar lebih maju dan berkembang. Dalam Korteks ini, IKIP PGRI Bali menerapkan Trening Of Trener (TOT), yakni salah satu obyek pembelajaran keahlian dassar untuk para pemimpin dan para dosen, yang akan diterapkan mulai 2015.
Proses pembelajarannya terus dikembangkan dan penerapa TOT ini ssesungguhnya bagian dasar keterampilan tentang tata cara berkomunikasi,”ujar PR I IKIP PGRI Bali Drs. Pande Wayan Bawa, M.Si. Dikatakan, bagi kalangan Dosen IKIP PGRI Bali, sangatlah penting untuk mempelajari TOT. TOT ini sebagai leadership dan nantinya akan terus diterapkan kepada bawahan, buat seorang pemimpin.
Sedangkan bagi para dosen, TOT ini bisa diterapkan ke mahassiswa dengan tujuan ke depan mereka bisa mengembangan suatu lembaga. Untuk bisa memahami TOT secara mendalam, menurut Pande Wayan Bawa , seseorang terlebiih dahulu harus bisa memahami jatidirinya. “Untuk menerapkan TOT ini sangat diutuhkan kesabaran. Jika kita sabar dan dapat sepenuhnya menerapi dan memaknai TOT ini, maka manajemen lembaga akan seutuhnya bisa terjaga dengan baik,”jelasnya.

(Renon; 2014)

Berikan Komentar