IKIP PGRI Bali Gudangnya Jawara




Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) IKIP PGRI Bali selama ini dikenal sebagai pemassok alias produsen calon guru berkualitas di Bali. Tiap tahun lulusannya diterima sebagai guru PNS, guru kontrak dan sebagaian membuka usaha sendiri
IKON BARU
IKIP PGRII Bali kini memiliki ikon baru setelah sebagai pencetak guru profesional juga pencetak jawara di bidang seni dan olahraga. Dimanapun ada ajang even kejuaraan olahraga disana mahasiswa IKIP PGRI Bali menjadi jawara. Tak tanggung-tanggung prestasinya go nasional dan internasional.
Ditingkat regional tim bola voli IKIP PGRI Bali masih yang tertangguh di Bali, mahasiswanya juga juara III futsal dan III softball putra dan putri untuk tingkat regional. Juara III bola voly putri antar PT LPTK se-Indonesia di Bandung.
Yang fenomenal atlet IKIP PGRI Bali Maria Natalia Londa mampu memecahkan rekor SEA GAMES di Myanmar atas atlet Thailand di cabang lompat jangkit. Emas juga diraih Maria Natalia Londa di cabang lompat jauh. Dia juga mengalahkan pesaing utamanya dari Thailand. Jarang seorang atlet Bali mampu mengukir emas di dua cabang di SEA GAMES.
Atas prestasi itu Maria Natalia Londa mendapat bnus tahun baru oleh Ketua YPLP PT IKIP PGRI Bali, Drs. IGB Arthanegara, S.H., M.H., M.Pd. berupa beasiswa bebas biaya pendidikan (SPP,dll) hingga tamat.
Masih diajang SEA Games, dua atlet IKIP PGRI Bali massing-masing Dewa Made Juniartana, meraih perak di vovinam, dan Kornelis Wangu Langu meraih perak di cabang tinju. Dua mahasiswa ini mendapat bebas SPP selama setahun dan YPLP PT IKIP PGRI Bali
Prestasi lainnya di Pekan Olahraga Mahasiswa (Pomnas) di Yogyakarta atlet IKIP PGRI Bali meraih emass di silat seni beregu atas nama Luh Putu Eka Pratiwi, Kadek Yuni Hendriyani, dan IA Chandramurtiadi. Mereka mendapat bebas SPP selama setahun.
Prestasi teranyar mahasiswa IKIP PGRI Bali yakni meraih juara IKIP PGRI Bali yakni meraih juara I lomba panjat tebing atas nama Nadia Putri Virata. Kini dia berada di Thailand guna mempersiapkan dirii mengikuti ajang di tingkat ASEAN dan Juga dipersiapkan di ajang Asia.
Hal yang sama ditunjukkan mahasiswa IKIP PGRI Bali di bidang seni sastra daerah dan nasional. Di antaranya meraih juara I lomba pop Bali, juara I lomba poster gendre di BKKBN, juara lomba ngerep lagu genre dan juara II kategori III lomba poster tingkat nasional.
Rector IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Suarta, S.H., M.Hum. menegaskan semua calon guru yang dididik di IKIP PGR Bali selain dipersiapkan menjadi guru profesional dibidangnya, mereka juga dipersiapkan menjadi pelatih atau instruktur bagi yang menekuni dunia olahraga untuk mahasiswa FPOK. Dengan demikian sebelum mereka menjadi guru dia sudah menjadi atlet berprestasi. Modal ini sebagai dasar untuk menjadi pelatih di lapangan. Dengan demikian jadilah mereka guru yang lengap, menguasai keilmuan juga sebagai Pembina olahraga.
Di jurusan lainnya, calon guru IKIP PGRI Bali juga dipersiapkan menjadi Pembina sastra daerah, pelukis, penari andal di FAK. Bahasa dan Sastra (FPBS) khususnya dijurusan Sendratasik. Sementara di FPIPS mereka juga disiapkan menjadi penelitian/ antropologi , menekuni estor ekonomi, pengusaha hingga wartawan. Sedangkan di FPMIPA mereka bisa membuka bimbel ke rumah-rumah atau lewat usaha bersama. Inilah yang dikatakan Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Suarta sebagai produsen calon guru yang lengkap.
Secara akademik, mahsiswa sudah siap kerja. Mereka disiapkan menjadi guru yang mampu menjalankan dua kurikulum KTSP dan kurikulum baru 2013. Selain itu lulusannya dikenal berkarakter dan berdaya saing tinggi, ini artinya IKIP PGRI Bali sebagai pusat pendidikan karakter di Bali tak melupakan pengembangan otak kanan dan otak kiri serta kepribadiannya. Pendidikan karakter dimulai dari calon guru untuk kelak menghasilkan siswa yang berkarakter pula.
BANTU MASYARAKAT
Untuk mengungkapkan rasa pedulinya terhadap masyarakat tahun ajaran baru ini IKIP PGRI bali menerima sekitar 1000 mahasiswa baru. Bagi lulusan SMA dan SMK PGRI se-Bali, IKIP PGRI Bali menjanjikan memberikan keringanan biaya pendidikan. Perlakuan serupa akan diberikan juga kepada warga Kelurahan Tonja daan ssekitarnya serta anak guru dan anggota PGRI se Bali yang mau melanjutkan study.
Khusus untuk tiga jurusan yakni sseni rupa, seni tari, sejarah dan Bahasa Bali yang kuliah pagi, YPLP PT IKIP PGRI Bali tetap memberikan bebas SPP hingga tamat. IKIP PGRI Bali juga menerima 30 penerima beasiswa peminat langka dari dikti tahun 2014. Untuk itu dia mengajak lulusan segar SMA dan SMK di Bali bergabung dengan IKIP PGRI Bali. Selain semua fakultasnya terakreditasi B, fasilitas belajar dan labnya tergolong lengkap di Bali. Makanya Kopertis VIII menobatkan kamus ini terbaik I dalam bodang akreditasi.
Ketua YPLP IKIP PGRI Bali Drs. IGB Arthanegara, S.H., M.H., M.Pd. mengungkapkan rasa bangganya karena IKIP PGRI Bali mampu menghantarkan 19 prodinya terakreditasi B dengan demikian akses lulusannya bisa diterima di mana saja. Secara akademis IKIP PGRI Bali sudah tampil berkualitas.
IKIP PGRI Bali tahun ini siap mengikuti akreditasi institusi dan segera membangun sport center masing-masing di Jl. Padma (11 are), di Jl. Prof. IB Mantra (11 are dan 90 are). Gedung ini diperuntukan bagi mahasiswa asal Karangasem, Klungkung, Bangli dan Gianyar. Model ini akan membuat IKIP PGRI Bali menjadi kampus terlengkap dan berkualitas di Bali.

(Wiyata Mandala (BALI POST);2014)

Berikan Komentar